Polda Riau Akan Awasi Black Campaign, Pakai Alat Khusus

Polda Riau Akan Awasi Black Campaign, Pakai Alat Khusus
Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo (riauaktual.com)

Riauaktual.com - Menghadapi Pileg dan Pilpres tahun 2019, Polda Riau memiliki tim khusus yang mengawasi potensi kerawanan di media Sosial (Medsos).

Adanya tim khusus ini disampaikan Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo.

Kapolda mengungkapkan, pengawasan  tim khusus ini sesuai arahan Kapolri Jenderal M Tito Karnavian. Di mana seluruh kepolisian disetiap daerah, termasuk Polda Riau diminta mengawasi masalah kerawanan di media sosial.

''Hal yang dibantu tim khusus adalah masalah media sosial. Karena bisa menciptakan opini, digunakan untuk black campaign, mengajak, menghasut, memfitnah serta negatif campaign,'' terangnya.

Lanjut Irjen Widodo, pihaknya juga sudah memiliki alat untuk itu. Bahkan Polda Riau juga membentuk tim khusus, di bawah kendali Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus).

''Kita sudah punya alat, yang akan digunakan tim khusus, di bawah kendali penegakkan hukum Direktorat Reskrimsus, Intel dan Humas,'' yakin Kapolda Riau.

Untuk mengamankan Pileg dan Pilpres 2019, Polda Riau mengerahkan 6.000 personelnya dalam Operasi kewilayahan terpusat bersandi Mantap Brata Muara Takus. Mereka disebar keseluruh kabupaten/kota.

Operasi khusus ini digelar selama 397 hari, mulai 20 September 2018 hingga 21 Oktober 2019. Selain Polri, TNI juga ikut andil, di mana Korem 031 Wirabima menurunkan sekitar 2.200 prajuritnya. (HA)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index