Mantap ! Ciptakan Alat Pendeteksi Narkoba, Dua Siswa SMK Ini Ditawari Jadi Polisi

Mantap ! Ciptakan Alat Pendeteksi Narkoba, Dua Siswa SMK Ini Ditawari Jadi Polisi
Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menguji akurasi Si Penator karya siswa SMKN di Tuban. (FOTO: DETIKCOM)

Riauaktual.com - Dua siswa SMKN Rengel Tuban, Jawa Timur menciptakan alat pendeteksi narkoba dalam makanan. Alatnya telah terbukti akurat. Keduanya pun ditawari jadi polisi.

"Jika lulus sekolah nanti, kita berharap kedua siswa ini juga mau mendaftar jadi polisi," Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, Sabtu (8/9/2018) kemarin.

Keduanya yakni Miftahul Gufroni dan Salsadilla Luluk Ariyani. Mereka kini duduk di kelas XI. Mereka menciptakan alat pendeteksi narkoba dalam makanan yang bernama Si Penator, singkatan dari Smart Ink Pen Narcotic Inspector.

Alat ciptaannya berupa pulpen yang menggunakan tinta dari larutan senyawa antosianin dari ekstrak buah naga dan senyawa kurkumin dari ekstrak kunyit. Tinta yang terbuat dari larutan buah naga dan kunyit tersebut mampu mengikat senyawa kimia khususnya zat narkotika.

Cara kerjanya cukup dengan meneteskan tinta dari pena ke atas makanan atau minuman yang dicurigai mengandung narkotika. Jika makanan tidak mengandung unsur zat narkotika, maka warna cairan tidak berubah.

Karya mereka menjuarai lomba karya ilmiah bertajuk Parade Cinta Tanah Air (PCTA) yang diadakan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. PCTA merupakan lomba karya ilmiah yang memang berfokus pada inovasi maupun kreativitas generasi muda Indonesia dengan tema "Wujudkan Generasi Muda Anti Narkoba san Cinta Tanah Air".

Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono takjub dengan temuan dua siswa SMKN tersebut. Alat itu telah diuji coba di sekolah dan BNK Jatim untuk mendeteksi berbagai jenis narkoba seperti sabu-sabu, ganja, dan ekstasi. Hasilnya terbukti akurat.

"Ini merupakan karya ilmiah yang sangat membanggakan. Semoga bisa meraih juara di tingkat nasional nanti," ujar Nanang.

 


Sumber : rakyatku.com

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index