Putuskan Nasib Akil, MK akan Umumkan Anggota Majelis Kehormatan

Putuskan Nasib Akil, MK akan Umumkan Anggota Majelis Kehormatan
Gedung MK. int

JAKARTA, RiauAktual.com – Mahkamah Konstitusi akan mengumumkan nama-nama anggota Majelis Kehormatan Konstitusi siang ini, Kamis 3 Oktober 2013. Majelis ini nantinya akan menentukan bagaimana nasib Ketua MK Akil Mochtar pasca ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi semalam.

“Nanti akan diumumkan, siang atau sore atau malam ini. Kami mau memastikan dulu kesediaan masing-masing,” ujar Wakil Ketua MK Hamdan Zoelva di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat. Saat ini Sekretaris Jenderal MK Janedjri M. Gaffar masih terus mengkonfirmasi pihak-pihak yang dianggap kompeten untuk masuk dalam Majelis Kehormatan tersebut.

Sekjen MK mengatakan mantan Ketua MK Mahfud MD direncanakan masuk dalam Majelis Kehormatan ini. Sidang Majelis Kehormatan itu akan digelar Jumat besok, 4 Oktober 2013. “Mereka bersidang mulai besok Jumat. Besok kami udang dan pertemukan mereka. Terserah mereka mau langsung rapat atau setelahnya,” kata Hamdan.

Seperti diketahui, Ketua MK Akil Mochtar ditangkap tim penyidik KPK yang dipimpin Novel Baswesdan sekitar pukul 22.00 WIB, Rabu 2 Oktober 2013, di rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Kuningan, Jakarta Selatan. Akil diduga menerima suap terkait sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah. Dalam operasi tangkap tangan itu, KPK menyita uang sekitar Rp3 miliar.

Akil tidak ditangkap sendiri. Bersamanya ditangkap pula anggota DPR Chairun Nisa dan pengusaha Cornelis. Terkait kasus yang sama di tempat terpisah, Hotel Red Top Jakarta Pusat, penyidik KPK juga menangkap Bupati Gunung Mas Hambit Bintih dan stafnya Dhani. Mereka berlima kini masih diperiksa intensif di gedung KPK dengan status terperiksa. (rrm/vnc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index