SMPN 6 Optimis Mampu Terapkan Kurikulum 2013

SMPN 6 Optimis Mampu Terapkan Kurikulum 2013
Kepala SMPN 6 Pekanbaru Zamhuri. ad

PEKANBARU, RiauAktual.com - Satu dari 36 sekolah yang ditunjuk Kemendikbud Indonesia untuk penerapan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013-2014, SMPN 6 Pekanbaru sudah mulai menerapkannya. Kepala SMPN 6 Pekanbaru Zamhuri, mengatakan, pihaknya senang karena sekolah yang ia pimpin dijadikan sebagai implementasi penerapan kurikulum 2013 yang merupkan kurikulum baru.

"SMPN 6 siap untuk melaksanakan penerapan kurikulum 2013, dimana kurikulum 2013 untuk tahun pertama tersebut diterapkan di kelas VII. Penerapan kurikulum tersebut akan berlanjut terus kedepannya, dimana tahun berikutnya, akan berlanjut di kelas VIII, begitu tahun seterusnya juga akan diterapkan di kelas IX," kata Zamhuri, saat ditemui RiauAktual.com, Kamis (5/9/2013).

Disinggung kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 tersebut, Zamhuri menilai guru sudah siap, hal ini dikarenakan Disdik sudah melakukan sosialisasi dan mendalami kompetensi inti kepada guru sesuai bidang masing masing.

"Tiga guru inti tersebut dari bidang studi Matematika, Bahasa Indonesia dan Prakarya, akan tetapi semua guru kelas VII juga telah mendapat pelatihan dari LPMP. Sementara untuk sarana dan prasarana tidak ada kendala dan semua dapat terpenuhi, seperti buku pegangan siswa sudah lengkap dari Kemendikbud, sedangkan buku pegangan guru memang belum dapat dari Kemendikbud tapi bisa kita atasi dengan upaya Download sendiri," tuturnya.

Guru memang harus siap mengikuti perubahan yang terjadi, karena, menurut Zamhuri, perubahan kurikulum tersebut diperlukan guna menghadapi tantangan yang lebih besar kedepannya, tertuma perkembangan teknologi yang harus diimbangi dalam proses belajar.

"Dalam kurikulum 2013 siswa dituntut lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator, saya optimis mampu menerapkan dengan baik kurikulum 2013 ini," ujar Zamhuri. (ad)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index