SMKN 7 Pekanbaru Terapkan Program Cinta Lingkungan

SMKN 7 Pekanbaru Terapkan Program Cinta Lingkungan
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Cara bagaimana menanamkan rasa cinta lingkungan kepada peserta didik SMKN 7 Pekanbaru menerapkan program Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), dengan begitu siswa mengerti akan makna dari pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Demikian disampaikan Kepala SMKN 7 Pekanbaru Suratno, menurutnya, program tersebut merupakan program baru dari SMKN 7 dan baru diterapkan tahun ajaran baru ini.

"Untuk itu siswa akan sadar pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, maka akan tercipta suasana yang nyaman dan sejuk di lingkungan sekolah. Sebab itu juga saya berharap guru bisa berperan aktif mengarahkan siswa agar bisa lebih mencintai lingkungan," katanya saat ditemui RiauAktual.com, Selasa (27/8/2013).

Selanjutnya, untuk membangkitkan kesadaran peserta didik terhadap lingkungan hidup di sekolah, maka proses paling penting dan harus dilakukan adalah dengan kesadaran hati. Jika proses penyadaran telah terjadi dan perubahan sikap akan pola pikir terhadap lingkungan telah terjadi, maka dapat dilakukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai lingkungan hidup serta ketrampilan dalam mengelola lingkungan hidup dapat meningkat.

"Dengan sadar akan lingkungan diharapkan kerusakan lingkungan bisa berkurang, saya berharap dengan penerapan program PLH siswa bisa menerapkan rasa cinta akan lingkungan, baik di sekolah maupun di rumah. Sebab bagaimanapun rumah merupakan lingkungan yang sangat dekat dengan kita, jika di rumah sudah tertanam rasa cinta terhadap lingkungan maka dimanapun siswa berada akan mampu menerapkannya," tuturnya. (AD)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index