Sekolah yang Kekurangan Siswa Masih Boleh Tambah Siswa Baru

Sekolah yang Kekurangan Siswa Masih Boleh Tambah Siswa Baru
Ilustrasi. Int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baru saja usai, hanya saja masih ada beberapa sekolah di Pekanbaru yang daya tampung siswanya belum terpenuhi sesuai kuota yang telah ditetapkan seperti di SMKN 4. Maka hal ini ditanggapi oleh Kasi SMK Disdik Pekanbaru Muzailis yang mengatakan memang di beberapa SMK daya tampung masih ada kosong.

"Ini diperkirakan ada kemungkinan sekolah masih melakukan penerimaan siswa untuk memenuhi kuota tersebut. Akan tetapi hal tersebut tergantung kebijaksanaan sekolah masing masing," kata Muzailis, Jum'at (19/7/2013).

Daya tampung yang kosong tersebut kebanyakan di jurusan yang berhubungan dengan kerajinan tangan. Seperti Desain KriyaTekstil, Desain Kayu, Teknik Konstruksi Kayu, Busana Teknik dan Jurusan Bangunan. Meski demikian jurusan kerajinan tangan dan seni tetap diadakan di SMK, karena masih ada masyarakat yang hobi mengukir kayu, menjahit dan seni.

"Meskipun peserta tidak memenuhi kuota tetapi pelaksanaan Proses Belajar Mengajar tetap jalan, lapangan kerja untuk tamatan jurusan kerajinan tangan dan seni di Riau hanya baru berupa Home Industry, inilah yang membuat masyarakat kurang meminati jurusan tersebut.
Disamping itu, siswa baru lebih meminati jurusan yang nanti setelah tamat dapat bekerja di perusahaan besar, seperti jurusan TKJ, Otomotif, dan lain lain," pungkasnya.

Laporan: Ade Lestari
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index