Harga Bawang Merah di pekanbaru Naik, Daging Stabil

Harga Bawang Merah di pekanbaru Naik, Daging Stabil
(ils)

PEKANBARU (RA)- Memasuki pekan pertama bulan puasa harga bawang merah naik di kota Pekanbaru hingga Rp50 ribu. Sementara harga daging sapi masih stabil di harga Rp95 ribu perkilogramnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru saat melakukan sidak lapangan di dua pasar tradisional Pekanbaru yakni pasar Agus Salim dan pasar Lima Puluh, Selasa (16/7/2013) menemukan harga-harga kebutuhan pokok hasil pertanian cukup fluktuatif.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru El Sabrina, menjelaskan Sidak dua pasar, Agus Salim, dan  pasar Limapuluh, terlihat masih ada kecendrungan harga yang fluktuatif.

"Memang menjelang dan selama ramadhan komoditas pertanian harganya fluktuatif. Karena pasokan berkurang sementara permintaan ( deman)  meningkat," ujar El.

Meski demikian kata El, kondisi ini tidak akan berlangsung lama karena seiring waktu maka permintaanpun akan kembali normal, begitu juga dengan pasokan. Selain juga adanya kebijakan Kementrian Perdagangan yang membuka keran impor buat bawang merah di perkirakan ini akan membantu menekan harga.

"Kita yakin dengan adanya pembukaan keran impor oleh Kementrian Perdagangan pasokan bawang akan normal dan harga akan turun," urainya.

Dari pantau dilapangan harga cabe merah kini di perdagangkan Rp35 ribu - Rp40 ribu, bawang Rp45 ribu - Rp50 ribu, Bawang putih Rp 8.000 perkilogramnya. Daging sapi masih bertahan Rp 95 ribu perkilogram. Telor ayam ras Rp33 ribu- Rp35 ribu perpapan dan ayam potong Rp24 ribu - Rp 25 ribu perpotong.

El Sabrina menambahkan di prediksi saat lebaran produksi pertanian seperti cabe merah, bawang, meningkat karena petani cabe sudah memasuki masa panen, sehingga harga bisa stabil lagi.

laporan: Va

Editor: Doni Dwi Putra

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index