Terobosan Baru Disdik Pekanbaru, Minta Pelajar ke Sekolah Bersepeda

Terobosan Baru Disdik Pekanbaru, Minta Pelajar ke Sekolah Bersepeda
Kadisdik Kota Pekanbaru Zulfadil. FOTO: Riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dinas Pendidikan Pekanbaru dalam waktu dekat akan melakukan terobosan baru untuk pelajar yang ada di Kota Pekanbaru, yakni memberlakukan peraturan tak boleh pakai sepeda motor atau mobil lagi ke sekolah, melainkan dengan menggunakan sepeda dayung yang lebih hemat.

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Zulfadil saat dikonfirmasi melalui selulernya, Kamis (27/6/2013) menyampaikan, dalam waktu dekat program bersepeda ke sekolah akan segera diterapkan di Pekanbaru, program ini dibuat untuk meminimalisir terjadinya Gang Motor, kemacetan di jalan raya, polusi udara bahkan tindakan kriminal lainnya yang dilakukan oleh siswa.

"Selama ini kita lihat banyak anak-anak sekolah yang menggunakan sepeda motor, meskipun jarak rumahnya dengan sekolah tidaklah terlalu jauh, makanya kita berinisiatif membuat terobosan seperti ini disamping juga akibat naiknya harga BBM," kata Zulfadil.

Untuk menyukseskan terobosan baru di era kebutuhan bahan bakar minyak semakin sulit karena harganya nan mahal ini, Disdik Kota Pekanbaru telah menyiapkan 50 unit sepeda dayung yang nantinya akan dibagi kepada pelajar di beberapa sekolah di Pekanbaru secara cuma-cuma, bantuan 50 unit ini didapatkan dari investor yang peduli terhadap dunia pendidikan sehat.

"Ini memang patut kita lakukan, apa lagi, kita tahu bahwa pelajar kita ini kan masih di bawah umur, tak mungkin mereka ini memiliki SIM. Selama ini mereka memang melanggar karena mengendarai sepeda motor tanpa ada SIM. Dengan bersepeda nantinya, akan banyak keuntungan yang mereka dapat," tutur Zulfadil.

Laporan: RI

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index