Persiapan Hibah Rusunawa, Pemko Pekanbaru Temui Mentri PU

Persiapan Hibah Rusunawa, Pemko Pekanbaru Temui Mentri PU
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Proses hibah rumah susun sewa (Rusunawa) di Eks lahan Teleju, dari Kementrian Pekerjaan Umum ke Pemerintah Kota Pekanbaru segera dilakukan. Bahkan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas PU telah mengutus beberapa staf untuk menghadiri pertemuan dengan Kementrian PU.

"Hari ini kita mengutus staf untuk menghadap ke Kementrian PU untuk persiapan serah terima hibah," ujar Kepala Dinas PU, Kota Pekanbaru, Azmi, Senin (13/5/2013).

Menurut Azmi, diperkirakan proses hibah rusunawa ini akan dilakukan pada bulan Juni 2013 ini. Mengingat pembangunan fisik rusunawa tuntas awal tahun lalu.

"Pembangunan ruangan Rusunawa sudah tuntas, diperkirakan Juni proses hibah sudah dilakukan," katanya.

Kata Azmi lagi, untuk proses hibah dan pengelolaan Rusunawa PU, Pemko Pekanbaru telah membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD). "Ranperwako pengelolaan rusunawa ini juga sudah kita buat kini dalam pembahasan lanjutan, jika perlu akan di lakukan study banding dahulu ke daerah yang sudah menerapkannya apakah Gresik atau  Surabaya," tandasnya.

Ia juga menambahkan, PU bekerjasama dengan PU Provinsi akan membangun sarana pendukung Rusunawa seperti pembangunan Jalan menuju Kompleks Rusunawa sepanjang 2 kilometer. "Pembangunan jalan sedang tender, panjangnya 2 kilo meter, demikian juga pembangunan jaringan listrik, ada juga pengadaan 1 genset, dan PDAM," paparnya.

Azmi menambahkan, dalam  Perwako yang dibentuk diatur masalah tanggung jawab penghuni, pengelola, dan proses penjaringan penghuni. Demikian juga terkait harga sewa Rusunawa sendiri katanya, akan disesuaikan dengan harga sewa rumah yang berlaku.

"Kalau perlu kita dapat PAD dari pengelolaan Rusunawa ini, meski diakui jarang hal ini terjadi karena seperti di Jakarta, Rusunawa kebanyakan disubsidi terus," tandasnya.

Data PU menunjukkan Rusunawa ini terdiri dari 3 gedung. Masing-masing gedung berlantai 6, dengan tipe 24. Di setiap gedung ada 96 hunian.

Laporan: VR
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index