Pembagian RLH 2012 di Pekanbaru Perlu Dievaluasi

Pembagian RLH 2012 di Pekanbaru Perlu Dievaluasi
Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi ST. FOTO: Riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru membagikan 200 lebih Rumah Layak Huni (RLH) yang diperuntukkan masyarakat miskin di Kota Pekanbaru terhadap pembangunan yang direalisasikan melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI didukung penuh oleh DPRD Kota Pekanbaru.

''Yang perlu diperhatikan adalah sasaran penerima RLH, diharapkan betul-betul orang yang berhak menerimanya, jangan sampai ditemukan ada kejanggalan dan menimbulkan problem baru atas penerimaan RLH yang tidak tepat sasaran,'' demikian dikatakan Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi ST kepada wartawan, Rabu (24/4/2014).

Sabarudi juga mengakui, tahun 2012 lalu sebanyak 100 RLH telah dibagikan ke masyarakat miskin yang berhak menerimanya. Dari RLH yang sudah dibagikan, Sabarudi berharap program RLH betul-betul tepat sasaran. "Kalaupun ada penyelewengan, secara pribadi sampai saat ini belum mengetahui, kerena sampai saat ini belum mendpatkan laporan dari masyarakat mengenai keberadaan RLH yang tidak tepat sasaran. Meski begitu, kita sebagai lembaga pengawas minta Pemko segera melakukan evaluasi terhadap pembagian RLH yang sudah diterima masyarakat, apakah sudah tepat sasaran atau mungkin disewakan," tutur politisi PKS lagi.

Jika memang ditemukan penyaluran RLH tidak tepat sasaran dan diterima oleh orang yang mampu, Sabarudi menegaskan kepada Pemko segera menindaklanjutinya. Penyimpangan penyaluran RLH tidak bisa dibiarkan, karena akan berimbas buruk pada kinerja dari Pemerintahan."Bagaimanapun program ini harus bisa berjalan dengan baik, setelah dievaluasi penyaluran RLH di tahun 2012. Jika memang ditemukan tidak tepat sasaran, harus ada tindaklanjutnya, mencari tahu temuannya seprti apa, sanksi apa, sehingga kredibilas Pemerintah Kota di pusat tetap baik dan tidak cacat di mata pusat," pinta Sabarudi.

Ditambahkan Sabarudi, dirinya tetap berharap program ini bisa bergulir terus setiap tahunnya untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Kota Pekanbaru. Tentunya pembagian RLH harus tepat sasaran dan berhak menerimanya. "Melalui pengevaluasian setiap tahun perlu dilakukan, karena itu merupakan tugas dari Pemko dan DPRD mengawasinya, sehingga DPRD bisa berikan masukan ke pusat dari segi kendala apa yang dihadapi Pemko," imbuhnya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index