Tamat SMK, Langsung Bisa Kerja

Tamat SMK, Langsung Bisa Kerja
Walikota saat sosialisasi SMK. FOTO: Ade

PEKANBARU (RA) - Senin 26 Maret 2013 di depan halaman kantor walikota sedang berlangsung acara pembukaan lomba kreatifitas dan gebyar LKS SMK tahun 2013 se Kota Pekanbaru. Acara dibuka oleh Walikota Firdaus MT dan dihadiri Kadis Zulfadil, ketua SMK swasta Faisal dan para staf dari Pemko Pekanbaru maupun Dinas Pendidikan.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT mengatakan, acara ini adalah ajang untuk mempromosikan dan mengenalkan SMK ke masyarakat umum. "Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan bahwa kebijakan di bidang pendidikan dan tentang rasio SMK dan SMA itu 70-30 persen, artinya 70 persen nanti diharapkan pada tahun 2015 siswa SMK dan 30 persen siswa SMA," kata Firdaus.

Dalam mempersiapkan generasi muda untuk menempuh pendidikan dengan waktu yang pendek dan mengasah ketrampilan juga pengetahuan yang dibutuhkan di lapangan pekerjaan di dunia usaha, sehingga dengan demikian siswa lebih cepat terampil di dalam bidangnya, maka menurut Firdaus SMK memang menjadi sasaran.

"Lapangan pekerjaan yang tersedia di masyarakat tidak imbang dengan pencari kerja, artinya lebih banyak para pencari kerja dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia sekarang. "Jadi, dengan adanya SMK ini, kita didik dan kita persiapkan mereka menjadi tenaga generasi muda yang terampil yang menguasai dan memiliki keahlian yang baik, iman dan takwa, akhlak juga watak yang baik. Mampu menguasai ilmu pengetahuan dan terampil sehingga dapat dibentuk, lalu bisa terjun ke lapangan dan bermasyarakat. Sehingga lapangan pekerjaan yang ada di Pekanbaru, Riau, Nasional maupun Internasional dapat diterima nantinya," pungkasnya.

Laporan: Ade Lestari
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index