Ada Penambahan Jalur Baru pada PPDB Online 2012

Ada Penambahan Jalur Baru pada PPDB Online 2012
Addauri

PEKANBARU (RA) - Pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online yang dilakukan pada tahun lalu, hanya terdapat empat jalur, yakni jalur peserta didik reguler, jalur peserta didik luar Pekanbaru tahun ini 5 persen untuk SMP dan SMA serta 10 persen dari daya tampung. Selanjutnya jalur peserta didik tempatan untuk tahun ini 25 persen untuk SMP dan 20 persen untuk SMA dan SMK, terakhir jalur peserta didik berprestasi dengan alokasi tahun ini 5 persen dari daya tampung yang ada di sekolah.

"Untuk tahun ini ada jalur baru, yakni jalur peserta didik anak pendidik atau anak guru. Untuk jalur ini disediakan alokasinya 5 persen dari daya tampung. Tentunya jalur ini pada tahun sebelumnya belum pernah ada dialokasikan, ini baru diberlakukan tahun ini," ungkap Ketua PPDB Online 2012, Addauri ketika ditemui riauaktual.com di ruang kerjanya, Kamis (21/6).

Diterangkan Addauri, untuk pengambilan formulir dilakukan dengan beberapa cara. Seperti peserta didik yang baru saja tamat dari sekolah, umpamanya SMP sederajat, dapat memperoleh formulir pendaftaran PPDB Online pada saat penyerahan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau pada saat pengambilan ijazah, demikian juga tingkap SMA sederajat. Berbeda dengan calon peserta didik yang berasal dari luar Kota Pekanbaru, peserta didik baru dapat memperoleh formulir di sekolah tempat ia mendaftar. Sedangkan untuk siswa yang tidak lulus pada pendaftaran di sekolah negeri, maka formulir yang telah diperolehnya dapat kembali digunakan untuk mendaftar ke sekolah swasta.

"Untuk tata cara pendaftarannya masih sama seperti tahun lalu, yakni mendaftarkan diri ke sekolah yang paling dekat. Dengan mengisi formulir dan melampirkan ijazah terakhir, pas foto, piagam, kartu keluarga dan akte kelahiran, bagi anak guru melampirkan SK pangkat terakhir orangtua, sedangkan untuk dari luar kota melampirkan pindah rayon," terang Addauri yang juga merupakan Kepala Bidang (Kabid) SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Sementara itu, ditambahkan Addauri untuk melihat hasil seleksi, jenjang pendidikan SD dapat dilihat di sekolah tempat mendaftar. Untuk SMP dan SMA dapat dilihat di website PPDB online, ppdb.kemdikbud.go.id/pekanbaru.

"Bagi calon peserta yang dinyatakanb lulus seleksi, tetapi tidak mendaftar ulang pada jadwal yang sudah ditetapkan berarti mengundurkan diri," paparnya lagi. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index