Bikin Heboh Karena Disangka Bom, Ternyata Apel Jin Untuk Pesugihan

Bikin Heboh Karena Disangka Bom, Ternyata Apel Jin Untuk Pesugihan
Benda Pesugihan yang disangka bom. ©2017 Merdeka.com

Riauaktual.com - Penemuan benda diduga bom terbungkus kain putih di sekitaran Pantai Taluak, Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dievakuasi. Polisi mengamankan benda pada Sabtu (9/12) malam sekitar pukul 23.15 WIB.

"Dalam proses evakuasi dalam keadaan aman dan lancar. Semua baik-baik saja," ujar Kapolsek Lengayang, AKP Arnanda Putra seperti dikutip dari merdeka.com, Minggu (10/12).

Dia menjelaskan, benda tersebut ternyata bukan bom. Tetapi, semacam alat atau media untuk pesugihan dalam melakukan ritual.

"Setelah dicek ternyata benda yang ditemukan di TKP merupakan 'apel jin' (nama pesugian). Kegunaannya sebagai penglaris usaha, di antaranya dengan pemanggilan jin dan lainnya untuk memenuhi yang diharapkan," jelasnya.

Menurutnya, benda bertulisan lafaz huruf Arab tersebut diamankan di Mapolsek Lengayang. "Sebenarnya kita juga curiga juga dari awal. Sebab, saksi yang pertama kali mengangkatnya tidak terjadi apa-apa. Untuk lebih pastinya kita akan bawa barang bukti ke Mapolres," pungkasnya.

Penemuan benda yang diduga bom sekitar pukul 08.30 WIB, sempat memancing rasa penasaran warga. Warga yang tidak sengaja melihat ada benda tersebut langsung melapor ke kepala kampung setempat dan meminta polisi mengamankannya.

"Yang menemukan pemilik tanah yang berjarak sekitar 25 meter dari rumahnya. Dengan adanya benda itu, dia langsung melaporkan ke kepala kampung," kata Pengurus Pemuda Kampung Lakuak, Eri Syafrianto. (wan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index