Dewan Pekanbaru Soroti Biaya Masuk Akademi Kebidanan UR

Dewan Pekanbaru Soroti Biaya Masuk Akademi Kebidanan UR
Darnil

PEKANBARU (RA) - Keinginan masyarakat miskin meniti jenjang perguruan tinggi sering terkendala di dana yang diletakkan terlalu besar oleh pihak universitas. Hal ini yang disoroti oleh anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Darnil ketika berbincang dengan reporter RiauAktual.com di gedung DPRD Pekanbaru, Jum'at (22/02/2013).

Darnil mengungkapkan, dari laporan masyarakat yang masuk ke dirinya, salah seorang warga mengeluhkan mahalnya biaya masuk ke perguruan tinggi Kebidanan di Universitas Riau (UR). Seperti yang dilaporkan masyarakat, untuk masuk ke perguruan tinggi Jurusan Kebidanan, masyarakat harus merogoh kocek Rp 26 Juta sebagai uang jaminan.

"Informasi yang masuk ke saya, masyarakat yang anaknya ingin masuk kuliah Kebidanan harus membayar Rp 26 Juta sebagai uang jaminan dan mendapatkan nomor PIN pendaftaran, untuk formulir Rp250 Ribu, sementara di fakultas lainnya membayar Rp 7 Juta dan ini sangat memberatkan masyarakat kita yang ekonominya menengah ke bawa," ungkap Darnil.

Politisi Partai Hanura ini juga menambahkan, jika universitas negeri saja biayanya sudah sebesar itu, maka dipastikan di universitas swasta akan lebih mencekek lagi, dengan begitu, masyarakat tak bisa memilih dan harus memenuhi pembayaran tersebut.

"Kalau tidak dibayar mau masuk kemana lagi, kita minta agar pemerintah memperhatikan masalah biaya di universitas negeri di Riau ini. Agar masyarakat yang anaknya berprestasi dapat menikmati jenjang pendidikan yang lebih tinggi tanpa diberatkan biaya," pungkasnya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index