Keren.. Domain Pencarian Google akan Mengikuti Lokasi Anda Berada

Keren.. Domain Pencarian Google akan Mengikuti Lokasi Anda Berada
(Foto: The Verge)

Riauaktual.com - Pengguna mesin telusur Google biasanya dapat mencari informasi berdasarkan alamat domain tertentu seperti Google.com (Amerika), Google.co.uk (Inggris), atau Google.co.id (Indonesia), namun cara ini ternyata tak lagi diberikan oleh Google.

Google mengatakan bahwa kebijakan itu diterapkan guna memberikan konten pencarian yang lebih relevan kepada penggunanya. Jadi, jika Anda mencari informasi dengan menggunakan alamat domain Google.co.uk, Google masih akan menampilkan konten yang berasal dari Indonesia.

Dikutip dari The Verge, Minggu (29/10/2017), Google memberikan alasan bahwa dari lima hasil pencariannya selama ini, hanya ada satu yang berkaitan dengan informasi lokal. Hal ini dianggap Google sebagai sesuatu yang kritikal agar menghasilkan informasi yang lebih baik.

Sementara bagi pengguna Google yang kerap melancong ke luar negeri, fitur tersebut akan terus berlaku di lokasi ia berada. Misalnya saja, saat Anda berlibur ke London, maka Google akan menyajikan informasi lokal yang berasal dari domain Google.co.uk dan akan kembali ke Google.co.id begitu Anda tiba di Tanah Air.

Pengguna yang mencoba mengakses domain selain lokasi ia berada, kemungkinan akan mendapatkan hasil pencarian yang tak akurat.

Meski demikian pengguna masih diberikan pilihan jika mereka merasa tak nyaman dengan fitur baru tersebut. Caranya ialah dengan mengubah lokasi Anda saat ini yang terdapat pada menu halaman Google.com.

Tampaknya kebijakan ini telah mendapatkan contoh dari yang dilakukan Google pada layanan populer lainnya seperti YouTube dan Gmail. Kebijakan ini mulai diberlakukan di perangkat desktop dan mobile dan juga berlaku untuk Google Maps dan aplikasi Google di iOS. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index