Riau Sukses Tekan Inflasi Tahunan

Riau Sukses Tekan Inflasi Tahunan
ilustrasi. int

RIAU (RA) - Tahun 2012 ini Provinsi Riau terbilang sukses menekan inflasi tahunan. Tidak neko-neko data mencatat jumlah inflasi Riau hanya 3,32 persen, sementara inflasi Kota Pekanbaru 3,4 jauh di bawah rata-rata nasional 4,3 persen.

Inflasi tahun 2012 ini turun dibandingkan dengan inflasi tahun 2011 yang mencapai 4,72 persen. Demikian dikatakan oleh Peneliti Ekonomi Madya Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, M Abdul Majid ketika ditemui Selasa (12/2/2013).

Rendahnya inflasi di Riau ini dikarenakan faktor harga komoditas lokal seperti harga karet dan TBS yang mengalami penurunan. Selain itu, ditundanya kenaikan TDL listrik tahun lalu juga menekan inflasi.

"Ketersediaan dan kecukupan bahan pokok di tahun 2012 membuat inflasi tahun 2012 hanya 2,32 persen jauh di bawah inflasi nasional yang mencapai 4,3 persen," ungkap Majid.

Ia juga menambahkan, dilihat dari daya beli kenaikan UMP sangat mempengaruhi inflasi. Jika tahun 2012 lalu UMP alami kenaikan sebesar 7 persen, maka di tahun 2013 ini kenaikan Upah mencapai 13,9 persen. Dengan pertimbangan ini daya beli masyarakat masih kuat.

"Meski di triwulan IV nilai tukar petani agak turun namun kesejahteraan  masih di atas 100 persen, ini dikarenakan harga jual komoditas perkebunan turun seperti karet dan sawit," terangnya lagi.

Laporan: Ver
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index