Ini Usia Pakai Helm yang Ideal

Ini Usia Pakai Helm yang Ideal
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Pengguna sepeda motor biasanya tidak akan mengganti helm jika belum rusak. Padahal, waktu masa pakai sudah bertahun-tahun, dan akan diganti dengan yang baru jika benar-benar tidak bisa digunakan lagi.

Cara seperti itu sebenarnya tidak masalah, tetapi dari sisi keamanan dan keselamatan kurang bagus. Dijelaskan Mugiyono, Engineering R&D KYT, idealnya masa pakai helm itu kurang lebih sekitar dua tahun.

"Apalagi sering dipakai dan dijemur, karena helm memiliki lapisan khusus, yang seiring berjalannya waktu dan pemakaian akan berkurang fungsinya," ujar Mugiyono sebagaimana dikutip dari Otomania.com belum lama ini.

Lapisan khusus tersebut, lanjut Mugiyono akan mengalami penyusutan, dan helm menjadi tidak pas di kepala. Jika mengalami kecelakaan bisa membahayakan diri sendiri.

"Biasanya hal seperti itu yang tidak diperhatikan oleh pengguna helm, padahal dari sisi keamanan sangat penting. Jadi minimal sekali dua tahun, apalagi sering kena panas itu bisa lebih cepat lagi," kata dia.

Saran Mugiyono, untuk memperpanjang masa pakai ketika parkir di tempat panas jangan disimpan di dalam bagasi motor atau digantung di spion motor.

Lapisan khusus tersebut lebih cepat menyusut dan sebaiknya dititipkan di tempat penitipan helm. "Karena di dalam bagasi itu udaranya lebih panas, kemungkinan menyusutnya lebih cepat," ucap Mugiyono.

 

BERITA VIRAL : Tontonan Dewasa : Vidio Detik -Detik Ricuhnya Laga Liga 2 Persewangi VS PSBK. Brutal !

BERITA VIRAL : 5 Fakta Mengejutkan Pasangan Mesum di Musola, Di Grebek Warga

BERITA VIRAL : Gadis di Riau ini Diperkosa 4 Pemuda, Lewat Mediasi Tokoh Masyarakat, Malah Disuruh Menikah ?

BERITA VIRAL :  Pencuri Mobil di Pekanbaru ini Diamuk Petugas Ronda Sampe Terkapar

BERITA VIRAL : Adu Jotos Oknum Polri dengan Oknum TNI di Sumatera Barat, Bripda Rio Dilarikan ke RSUD

BERITA VIRAL :  Ditangkap, Pelaku Pembunuh Cici di Hotel, Ngaku Tak Terima Dimintai Bayaran Usai Begituan

BERITA VIRAL : Breaking News : Diduga Terserempet, Pemotor Ninja Tewas di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index