Pemko Jamin Petani Ikan Tak Terganggu Venue Sky Air

Pemko Jamin Petani Ikan Tak Terganggu Venue Sky Air

PEKANBARU (RA)- Meski pembangunan venue sky Air sempat menimbulkan dampak kerugian bagi beberapa petani ikan di sekitar Danau Bandar Khayangan Rumbai pekan lalu. Pemko Pekanbaru mengakui keberadaan Venue sky Air sampai kapan pun tidak akan merugikan.

Pasalnya meski pembangunan ini dilakukan, pemerintah tetap memperhatikan kondisi petani ikan di sekitarnya.     Terkait pengerukan yang dilakukan, sehingga berdampak pada kematian ribuan ikan, Firdaus MT mengakui sudah mengirim tim untuk melakukan penelitian apakah kematian ikan itu karena keruhnya kerukan air.      

"kita akan cek dulu, nanti akan ada kebijakan, kita akan pelajari dulu, apakah ikan-ikan itu mati karena aktifitas pengerukan venue sky air," ujar Firdaus.      

Ia juga menjelaskan terkait upaya lanjutan penggunaan Venue Sky air dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) panitia akan membendung danau untuk mencapai ketinggian tertentu. Untuk menyikapi hal ini pemko juga telah menurunkan tim khusus untuk mengatur pintu air bagi kolam ikan milik petani ikan.    

"Jadi petani ikan tidak perlu khawatir terkait bendungan air pengaliran air nanti akan di kendalikan, danau di bendung itu untuk menaikkan muka air, tetapi air keluar ke kolam ikan petani akan di kontrol oleh petugas dan instansi terkait," janjinya.    

Ketika ditanyakan jika ternyata kematian ikan milik petani ini memang dampak dari pembangunan venue, Firdaus menambahkan,  pemko akan memikirkan ganti rugi yang pantas.       

Sebelumnya di beritakan peternak ikan patin keramba milik warga pada mati, di duga kematian ikan-ikan diduga dampak dari pembangunan venue ski air di lokasi tersebut. (RA5)

Berita Lainnya

View All