Biayai Kuliah Dari Hasil Kerambah

Biayai Kuliah Dari Hasil Kerambah
Kerambah untuk biaya kuliah.

TAMBANG (RA) - Dengan mengelolah 2 petak kerambah yang masing-masing berukuran 3,93 M x 2 M Amar Suhadi salah seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Riau mampu membiayai kuliahnya.

Mahasiswa Jurusan Filsafat yang masih duduk di semester I ini mengaku 2 kerambanya tersebut sangat membantu untuk biaya kuliahnya. Dari 2 petak kerambah yang berisi ikan lele ini bisa menampung 4000 ekor lele.

"Kalau kuliah pagi, terpaksa ngasih makannya subuh, tapi kalau masuk kuliah siang, pagi bisa mesra-mesraan sama ikan nih, ngasih makan bersihkan kerambah dan mencek kalau ada jaring yang bolong," ungkap putera pertama dari tiga bersaudara pasangan dari Abdul Zakir dan Imar ini ketika ditemui RiauAktual.com di kerambahnya malam tadi, Ahad (07/01/2013).

Menurut Amar, ikan lele tersebut semakin cepat pertumbuhannya jika diberi makan pada malam hari
. Sehingga, meskipun jarak antara rumah dan kerambahnya sekitar 2 kilometer, Amar tetap memberi makan ikan lelenya pada malam hari sendirian. Padahal kerambah tersebut berada di Jalan Bupati, sementara Amar tinggal di Jalan Sukajadi.

"Ikan ini akan cepat besar jika diberi makan pada malam hari. Kalau diberi makan secara teratur masa panennya pun relatif lebih cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 bulan dengan pakan sekitar 70 KG menjelang panen," pungkasnya.

Reporter: Rio Agusri
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index