Ini Sosok yang Diinginkan Masyakat untuk Jadi Gubernur Riau

Ini Sosok yang Diinginkan Masyakat untuk Jadi Gubernur Riau

Riauaktual.com - Hasil survey Indonesia Network Election Survei menunjukan masyarakat Riau memilih Bupati Bupati Siak Syamsuar untuk jadi Gubernur Riau pada 2018 nanti.

Melalui rilisnya, Direktur Eksekutive INES Sutisna dalam siaran pers yang diterima wartawan, Rabu (26/7/2017) mengungkapkan tingkat elektabilitas, "secara Top Of Mind" nama Syamsuar menduduki peringkat teratas yakni 21,3 Persen.

Setelah itu disusul oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus MT (11,4), mantan Bupati Rohul Achmad (11,2), Bupati Pelalawan HM.Harris (9,9), Gubenur Petahana Riau Arsyadjuliandi Rachman 8,3 persen, Ketua DPRD Riau Septina Primawati (8,2) dan anggota DPR Lukman Edy (6,2).

Urutan berikutnya dari peringkat kedelapan hingga ke-12 yakni Indra Muchklis 5,6 persen, diikuti oleh anggota DPD RI Intsiawati Ayus (2,3), Bupati Inhu Yopi Arianto (3,2), mantan Bupati Kuansing, Sukarmis (2,3), Bupati Meranti (2,4) dan tidak menjawab sebanyak 9,5  persen.

Menurut Sutisna saat ditanya "Dengan Pertanyaan Tertutup" "Dari ke 12 nama tokoh masyarakat Riau tersebut jika diadakan pemilihan Gubernur hari ini maka jawaban responden adalah Syamsuar sebanyak 22,3 Persen.

Firdaus (11,1), Achmad (9,2), HM.Harris (8,2), Septina Primawati (7,4), Lukman Edy (6,2), Indra Muchklis (5,6), Intsiawati Ayus (2,3), Yopi Arianto (3,2), Sukarmis (3,3), Irwan Nasir dan Intsiawati Ayus (2,3) dan tidak menjawab sebanyak (11,4).

Sedangkan untuk tingkat popularitas, Sutisna menegaskan hanya empat tokoh yang memiliki tingkat pengenalan Masyarakat Riau diatas 80 persen yaitu tertinggi Ahmad dan pernah mencalonkan diri sebagai Cagub Riau dengan tingkat popularitas 85,3 persen. Urutan kedua hingga keempat yakni Arsyadjuliandi Rachman Gubernur Petahana (81,4), Syamsuar (81,2), dan tokoh lainnya dibawah 80 persen.

Sutisna mengingatkan tingkat popularitas yang tingi merupakan modal awal bagi tokoh untuk bisa menjadi pilihan masyarakat. "Sebab saat ini diketahui bahwa publik Riau paling banyak menerima informasi seputar kandidat melalui poster, baliho dan alat iklan kampanye lainnya, Medsos dan media massa cetak dan online," paparnya.

Untuk tingkat akseptabilitas senidiri Bupati Siak Syamsuar adalah tokoh yang paling diterima oleh masyarakat Riau yakni 84,2 persen. Posisi berikutnya adalah Septina Primawati (81,6), Firdaus MT (81,5), Achmad (78,7), HM Harris (75,3), Arsyadjuliandi Rachman (72,3) dan Edy Tanjung (60,2). Sementara tokoh lainnya dibawah 50 persen tingkat akseptabilitas oleh masyarakat Riau.

"Ada beberapa faktr masyarakat Riau dalam menilai cocok atau tidaknya tokoh layak memimpin Riau, diantaranya, kualitas, kompetensi, integritas, profesionalitas, personalitas, perilaku, prestasi, reputasi, kepemimpinan," ujarnya.

Dalam Survei tersebut, Sutisna mengaku bahwa muncul penilai dari masyarakat Riau bahwa kinerja Pemda Riau selama lima tahun terakhir dalam Bidang Ekonomi dari survei menunjukan bahwa warga Riau merasa kepemimpinan Gubernur Petahana Riau saat ini tidak berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan  masyarakat Riau.

"Keadaan fasilitas sarana dan prasaran pendidikan di Propinsi Riau Temuan survei menunjukan 60,90 persen dari 1984 responden menilai bahwa kinerja gubenur petahana dalam hal pembangunan fasilitas pendidikan tidaklah ada bedanya dengan pemerintahan sebelumnya, hanya sebatas misi pada saat kampanye saja agar memperoleh banyak suara tanpa ada aktualisasi," katanya. (Dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index