Azwendi : Jangan cuma Kimteng, Barokah Catering dan Holland Bakery harus diusut

Azwendi : Jangan cuma Kimteng, Barokah Catering dan Holland Bakery harus diusut
tengku azwendi

Riauaktual.com - Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri SE mengungkapkan rasa kekecewaannya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lemahnya pendataan dan pengecekan terhadap pelaku usaha yang ada di Kota Pekanbaru.

Ungkapan itu dia utarakan menyusul kejadian penutupan kedai kopi Kimteng yang berada di Jalan Senapelan, Kota Pekanbaru. Diketahui, kedai kopi Kimteng yang namanya sudah menasional ini, izin usahanya ternyata sudah lama mati.

"Saya heran juga kenapa kimteng tidak mengurus izinnya. Izin HO, SIUP dan TDP tidak diperpanjang. Urus uji kelayakan tidak lama, paling satu mingguan sudah selesai. Jangan anggap remeh dengan perizinan usaha itu," kata Azwendi, saat dikonfirmasi, Rabu (26/07/17).

Harusnya, OPD terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, melakukan pemantauan dan cek uji kelayakan. Karena selama ini, setiap perizinan yang diberikan tidak pernah dilakukan pengawasan dan pengecekan.

"Semestinya ini mereka (OPD terkait,red) melakukan pemeriksaan dan cek uji kelayakan jenis dan produk dalam makanan yang ada terhadap pelaku usaha minimal 6 bulan sekali. Kenapa selama ini tidak ada. Ketika sudah ada masalah baru semua sibuk," cetusnya.

Termasuk katanya, prosedur pemeriksaan yang berkaitan dengan kejadian dimana awalnya keracunan itu dimulai dari pemesanan order yang ada di Barokah Catering.

"Kontaminasi makanan dari pemesanan order di barokah catering ke kimteng itu ada rentan waktu. Bisa saja dalam rentan waktu itu ada gejala bakteri yang masuk ke makanan. Makanya semua yang berkaitan harus dicek termasuk roti holland bakery itu," paparnya. (bir)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index