Apa yang Dicari Warga Indonesia di internet?

Apa yang Dicari Warga Indonesia di internet?
illustrasi (int)

ADA perbedaan kecenderungan pencarian di masing-masing negara. Seperti biasa setiap tahun, Google -mesin pencari internet yang paling banyak digunakan di dunia- mengeluarkan peringkat kata kunci yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Untuk Google Indonesia, daftar yang disebut Zeitgeist 2012 itu memperlihatkan kata kunci pada peringkat paling atas adalah Gangnam Style -yang merupakan Klik video pertama diKlik You Tube yang ditonton 1 miliar orang.

Jadi bisa dikatakan warga Indonesia juga terkena demam aksi Psy, artis aliran musik Korea Selatan yang dikenal dengan istilah K-Pop.

Namun trending atau kecenderungan dalam proses pencarian di Indonesia sepanjang 2012 lebih didominasi oleh kata-kata kunci Indonesia dalam 10 peringkat teratas.

"Meskipun Gangnam Style nomor satu, cukup banyak istilah-istilah Indonesia, Klik seperti Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, Noah, dan Persib Bandung yang dicari orang Indonesia dengan menggunakan Google untuk mendapatkan informasi," tutur Vishnukari Mahmud, Direktur Komunikasi Google Indonesia seperti yang dilansir BBCIndonesia.com, Rabu (26/12/2012).

Dan bagi warga Indonesia, Persib Bandung ternyata unggul dari klub-klub raksasa seperti Manchester United, Arsenal, maupun AC Milan.

"Indonesia kan negara yang gila sepak bola, yang nomor satu itu Persib Bandung. Jadi dari semua pencarian di internet sepanjang 2012 untuk olahraga, yang nomor satu Persib Bandung diikuti Manchseter United dan Arsenal. Jadi cukup tinggi animo masyarakat Indonesia untuk melihat-tim-tim mereka sendiri."

Jika dilihat dari daftar 10 peringkat teratas pencarian secara umum, maka selain kelompok musik Noah -di peringkat dua- dan Jokowi -di peringkat lima- terdapat pula Coboy Junior, Indonesian Idol, Ayu Ting Ting, dan film horor, Nenek Gayung.

"Google Zeitgeist 2012 di negara-negara lain juga memperlihatkan bahwa masing-masing negara punya kecenderungan pencarian tersendiri," jelas Mahmud

"Sukhoi menjadi trend pencarian yang cukup tinggi hingga akhir tahun ini" Vishnukari Mahmud

Mahmud menambahkan di Singapura, misalnya, kecenderungan paling tinggi adalah Olimpiade 2012 yang diikuti dengan Gangnam Style.

"Yang ngetrend untuk orangnya juga berbeda, dan perbedaan terlihat pula pada tim olahraga."

Salah satu kata kunci di Indonesia dalam 10 besar adalah Sukhoi, yang berada di peringkat sembilan dan Vishnukari Mahmud menegaskan hal itu berkaitan dengan Klik kecelakaan pesawat Sukhoi di Gunung Salak pada awal Mei 2009.

"Sukhoi menjadi trend pencarian yang cukup tinggi hingga akhir tahun ini," tambah Mahmud.

Zeitgeist 2012 dibagi dalam 11 kelompok dan selain pencarian umum ada juga untuk kategori orang Indonesia -Jokowi nomor satu- maupun orang di luar Indonesia -Whitney Houston paling atas- serta lagu, musisi, olahraga, maupun maskapai penerbangan. (bbc/ra)

Berita Lainnya

View All