Ridwan Kamil Dipepet Deddy Mizwar

Ridwan Kamil Dipepet Deddy Mizwar
Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar

Riauaktual.com - Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merekam tingkat elektabilitas beberapa tokoh yang disebut-sebut media massa bakal dicalonkan pada Pilkada Jawa Barat 2018. Mereka berasal dari kalangan kader maupun non kader partai politik.

Ketika responden ditanya soal siapa tokoh yang akan dipilih jika Pilkada Jabar dilakukan sekarang, jawaban mereka menghasilkan lima nama teratas.

Hal ini dijelaskan Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/5).

Ridwan Kamil masih menempati urutan pertama, dengan 24,4 persen. Disusul Deddy Mizwar 15,6 persen; Dede Yusuf 11,6 persen; Aa Gym 7,5 persen, dan Dedi Mulyadi 7,1 persen.

Menurut Rico, tingkat elektabilitas semua tokoh masih relatif datar sehingga pertarungan diperkirakan masih ketat.

"Apalagi undecided voters masih 20,7 persen, ditambah waktu sosialisasi yang masih panjang," kata Rico.

Satu hal yang menarik berdasarkan survei itu, ditemukan semacam fenomena Jakarta Effect dalam Pilkada Jabar, terkait isu penistaan agama yang dilakukan calon incumbent, Basuki Purnama alias Ahok.

"Ketika ditanya, apa perasaannya jika ada calon gubernur Jabar yang didukung partai-partai pendukung Ahok di Pilkada DKI? Ada 34,3 persen menjawab kurang suka, 33,4 persen biasa saja, 2,4 persen menjawab suka, dan tidak menjawab 29,9 persen," pungkasnya, sebagaimana dikutip dari rmol.com.

Begitu juga dengan isu politik dinasti. Ketika ditanya bagaimana pendapat responden jika seseorang yang telah selesai menjabat mendorong keluarganya untuk maju dalam Pilkada Jabar, ada 29 persen tidak setuju; 28,70 persen setuju; 31,50 persen netral; dan tidak menjawab sebesar 10,70 persen.

Survei ini digelar dalam rentang waktu 25 April-3 Mei 2017, dengan sampel 1.000 responden, dan margin error sebesar kurang lebih 3,0 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index