Asisten III Lepas Peserta Napak Tilas

Asisten III Lepas Peserta Napak Tilas
Asisten III memasang tanda peserta kepada perwakilan napak tilas

Riauaktal.com - Siswi SMAN 1 Siak Tania Romarta, Kamis (30/3) pagi, tampak semangat mengikuti upacara pembukaan Napak Tilas Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara, Kampung Merempan Hilir.

Pelajar kelas XI jurusan IPA3 itu mengaku siap untuk ikut aksi napak tilas bersama pelajar lainnya. Meski ini pertama kali buat saya, tapi kami siap berjalan kaki dengan rute yang cukup jauh dan melelahkan itu," katanya sumringah.

Selain Tania, ada tiga kelompok pelajar lainnya yang berasal dari SMK 1 Siak, SMK 1 Bungaraya dan SMK 1 Lubuk Dalam. Mereka  dipilih karena aktif dalam kegiatan pramuka di sekolahnya. Kelompok pelajar itu bergabung dalam satu barisan dengan resimen mahasiswa Indra Pahlawan Riau.

Bupati Siak, yang diwakili Asisten Administrasi Umum saat memimpin upacara pembukaan mengatakan, kegiatan ini untuk menambah wawasan kebangsaan, bahwa kabupaten Siak mempunyai sejarah perjuangan kemerdekaan. Salah satunya Sultan Syarif Kasim II yang merupakan pahlawan nasional.

"Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk sebagai penghormatan terhadap perjuangan pahlawan kita. Seperti yang diungkapkan oleh founding father, 'Hanya bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar', atau 'Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawannya," ungkap Jamaluddin.

Lebih lanjut Jamaluddin menceritakan perkembangan Kesultanan Siak, yang muncul sebagai sebuah kerajaan bahari yang kuat dan menjadi kekuatan yang diperhitungkan di pesisir timur Sumatera dan Semenanjung Malaya di tengah tekanan imperialisme Eropa.

"Jangkauan terjauh pengaruh kerajaan ini sampai ke Sambas di Kalimantan Barat, ekaligus mengendalikan jalur pelayaran antara Sumatera dan Kalimantan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada Dewan Pimpinan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) kabupaten Siak yang baru dilantik oleh Pj. Bupati Kampar tanggal 18 Maret 2017 yang lalu di Batalyon Infantri 132/Bima Sakti Salo.

Diujung sambutannya, dirinya menegaskan tantangan besar dalam sejarah adalah bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup kita sebagai bangsa yang berdaulat di bidang politik, berdikari dibidang ekonomi, serta berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

Kegiatan Napak Tilas itu diikuti oleh 250 peserta dari mahasiswa Universitas Riau, UIN Suska, STAIN Bengkalis dan perwakilan dari SMA/SMK kabupaten Siak. Tepat  pukul 09.32 Wib Asisten III Setda Kab Siak itu melepas peserta napak tilas Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II.

Start dimulai dari Bumi perkemahan, melewati komplek perkantoran Tanjung Agung hingga istirahat di venue sepatu roda. Dilanjutkan ke makam Tengku Buang Asmara dan menuju balik ke Masjid Islamic Center, dan berakhir dilapangan tugu depan Istana Siak. (jas)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index