BI Hadirkan Bong Chandra dalam Temu Responden

BI Hadirkan Bong Chandra dalam Temu Responden
BI KPW Riau gelar Temu responden. Foto: Vera

RIAU (RA) - Dalam rangka memotifasi para responden Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah (KPW), hadirkan Bong Chandra Motivator Bisnis terkenal.

Bong dalam acara Temu Responden 2012 yang di gelar oleh BI KPW Provinsi Riau Selasa (27/11), mengambil tema Membangun Kreatifitas Dalam Menghadapi Tantangan Global.

Pemimpin BI KPW Riau, Hari Utomo, mengungkapkan pentingnya peran responden bagi BI. Menurutnya, tanpa sharing informasi dan data yang valid dari para responden, BI tidak mungkin mampu membuat ramalan ekonomi ke depan yang akurat.

"Kami selaku otoritas kebijakan moneter nasional sangat butuh sekali data akurat untuk menentukan kebijakan dan prediksi perekonomian," katanya didampingi Kepala Tim Ekonomi Moneter BI Riau, M Abdul Madjid Ikram dan Analis Muda Senior BI, Ahmad Kosasih.

Kata Hari,acara ini merupakan kegiatan rutin yang tiap tahun digelar.

"Ini rutin kami lakukan setahun sekali sebagai bentuk apresiasi terhadap para responden yang menjadi mitra kami. Mereka sudah memberi data yang BI perlukan secara lengkap, akurat dan tepat waktu," jelasnya

Menurutnya,  selama ini pihaknya juga turun ke lapangan untuk observasi data terkait untuk memenuhi kebutuhan laporan perekonomian yang dibuat BI.   

"Data-data yang kami rasa masih kurang, kami cek lagi ke lapangan. Kami bangun komunikasi terlebih dulu dengan responden sebelumnya, setelah data yang didapat cukup maka kami juga akan sampaikan ke BI Pusat untuk diolah sesuai model data yang ditetapkan BI" lanjutnya.

Pada acara ini ada 80 perusahaan maupun asosiasi yang jadi responden tetap BI yang turut serta. Bong Chandra menyatakan, dalam berwirausaha, Pionir harus berani melanggar aturan baku wirausaha. Break The Rules. Rangkul kompetitor kita. "Caranya misal kalau belanja di tempat kompetitor kita maka dapat voucher dari kita begitu juga sebaliknya," ujarnya.

Menurutnya ada 5 Pilar sukses seorang entrepreneur: jadilah yang pertama, karena otak manusia cenderung mengingat hal yg pertama. Miliki paling tidak 2 mesin sekaligus. Qt perlu yield kita perlu capital juga. Ini untuk mengatasi risiko bisnis dan diversifikasi usaha.Other People money. "Lalu mengenal karakter uang, uang tidak pernah hilang tapi uang hanya berpindah. Kemana uang akan pergi, kepada uang yang berkapasitas. Hancurkan ekspektasi seseorang. Berikan yg lebih dari apa yang diharapkan orang lain pada anda," Tandasnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index