Berikut langkah pemerintah dorong IKM tanah air

Berikut langkah pemerintah dorong IKM tanah air
Berikut langkah pemerintah dorong IKM tanah air

Riauaktual.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan meluncurkan satu fasilitas yang akan membantu Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam menggiatkan sektor usahanya. Sebab, potensi IKM sangat besar dalam menyerap tenaga kerja di Indonesia, yakni mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan IKM juga terbukti tahan terhadap kondisi ekonomi yang saat ini fluktuatif jika dibandingkan usaha di sektor besar. IKM telah berkontribusi sebesar 57 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Nantinya, fasilitas yang dikeluarkan oleh Bea Cukai ini bertujuan memberikan kemudahan pada IKM untuk melakukan importasi barang modal, atau bahan baku yang digunakan untuk proses produksi yang nantinya akan diekspor kembali.

"Kemudahan Impor Tujuan Ekspor IKM (KITE IKM) ini diharapkan dapat memberikan bantuan kepada para pelaku usaha yang bergerak di industri kecil dan menengah agar dapat meningkatkan ekspor," kata Sri Mulyani melalui keterangan resminya, kemarin.

Dengan insentif fiskal dan kemudahan prosedur yang diberikan pemerintah, diharapkan IKM akan semakin bergairah. Tujuannya tentu untuk dapat meningkatkan ekspor, kontribusi PDB, penyerapan tenaga kerja, dan menciptakan desa-desa wisata IKM.

Nantinya, pemerintah berencana akan meluncurkan secara simbolis fasilitas KITE IKM, pada Senin (30/1) mendatang. Acara yang akan digelar di Desa Tumang, Boyolali Jawa Tengah, nantinya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang didampingi oleh beberapa Menteri serta pejabat daerah di sana.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index