Pertamina buka dermaga Sungai Gerong untuk stok BBM Sumatera

Pertamina buka dermaga Sungai Gerong untuk stok BBM Sumatera
ilustrasi

Riauaktual.com - Guna menjamin security of supply BBM di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Pertamina RU III meningkatkan penerimaan bahan baku (feed) minyak mentah (crude oil) dan penyaluran produk BBM melalui kapal dengan pengoperasian Dermaga 2 Sungai Gerong.

General Manager RU III, Eman Salman Arief menjelaskan, pengoperasian Dermaga 2 Sungai Gerong sebagai Dermaga Loading dan Unloading RU III ditujukan untuk mengimbangi penerimaan crude oil dan penyaluran produk BBM melalui kapal yang semakin meningkat.

"Kapasitas pengolahan crude oil di RU III saat ini cenderung naik, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan penerimaan crude oil dan penyaluran produk BBM melalui kapal," kata Eman seperti dikutip Pertamina.com hari ini.

Dengan beroperasinya Dermaga 2 Sungai Gerong, tuturnya, diperkirakan penerimaan crude oil meningkat sebesar 10 % atau setara 8 ribu barel per hari dan mengurangi kepadatan aktivitas operasional dermaga area Sungai Gerong dari 70% menjadi 60% atau setara 7 kapal per bulan. Penerimaan crude oil ke RU III, ungkapnya, tidak hanya berasal dari wilayah Sumbagsel namun juga dari wilayah luar Sumatera.

Eman melanjutkan, selain mendorong peningkatan produksi kilang, pengoperasian Dermaga 2 Sungai Gerong dapat mengurangi waktu tunggu atau labuh kapal untuk loading produk dan discharge crude sehingga dapat meningkatkan frekuensi sandar kapal dan mampu meningkatkan volume supply crude serta lifting produk secara simultan yang berdampak langsung pada ketahanan pengolahan minyak dan supply BBM bagi masyarakat di Sumbagsel.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index