Kekayaan delapan miliarder ini, sama dengan separuh warga miskin dunia

Kekayaan delapan miliarder ini, sama dengan separuh warga miskin dunia
Salah satu miliarder dunia, Marck Zuckerberg

Riauaktual.com - Delapan orang terkaya di dunia memiliki jumlah kekayaan sebanding dengan setengah penduduk miskin dunia yang mencapai 3,6 miliar orang, menurut organisasi nirlaba Inggris yang berfokus pada penanggulangan bencana dan advokasi Oxfam.

Menurut Oxfam seperti dikutip dailymail, hari ini, kekayaan 3,6 miliar orang termiskin di dunia setara dengan gabungan kekayaan bersih dari enam pengusaha Amerika, satu pengusaha dari Spanyol dan pengusaha lain dari Meksiko. Laporan Oxfam bertepatan dengan dimulainya Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Organisasi amal itu menyatakan data baru mengenai distribusi kekayaan dari negara-negara seperti India dan China telah mendorong mereka merevisi hitungannya setelah setahun lalu menyatakan kekayaan separuh penduduk dunia berada di tangan 62 orang.

Ketidaksetaraan akan menjadi salah satu isu utama dalam pertemuan para elit politik dan bisnis yang berlangsung di Davos hingga Jumat, ketika sekitar 3.000 orang berkumpul untuk pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF). Acara tahunan yang diselenggarakan di Davos, Swiss menarik banyak kalangan dari para tokoh politik dan pemimpin bisnis dunia.

Kepala bidang hubungan eksternal Oxfam, Katy Wright mengatakan Oxfam harus berfokus pada cara untuk meningkatkan pertumbuhan. "Kami berada di bawah ilusi bahwa Davos hanyalah sebuah perkumpulan bagi para tokoh elit dunia, tapi kami mencoba dan menggunakan fokus tersebut," imbuh

Kepala penelitian Institut Adam Smith, Ben Southwood mengatakan bukan kekayaan mereka yang terpenting, melainkan kesejahteraan kaum miskin dunia yang terus meningkat setiap tahun. "Setiap tahun kita disesatkan oleh statistik kekayaan Oxfam. Data tersebut baik, dan berasal dari Credit Suisse, akan tetapi tidak dengan interpretasinya," ujar Ben Southwood.

Dalam laporannya, Oxfam menyeru peningkatan tarif pajak bagi "individu dan perusahaan kaya" serta kesepakatan global untuk mengakhiri persaingan antar negara untuk menurunkan tingkat pajak perusahaan. Oxfam juga mengecam lobi-lobi perusahaan dan kedekatan bisnis dan politik, menyeru lobi-lobi kewajiban terhadap publik dan penguatan aturan mengenai konflik kepentingan.

Berikut daftar delapan orang terkaya di dunia versi Oxfam:



1. Bill Gates (AS) total kekayaan US$ 75 miliar (Rp 1001,6 T)

2. Amancio Ortega (Spanyol) total kekayaan US$ 67 miliar (Rp 894,7 T)

3. Warren Buffet (AS) total kekayaan US$ 60,8 miliar (Rp 811,9 triliun)

4. Carlos Slim Helu (Meksiko) total kekayaan US$ 50 miliar (Rp 667,7 T)

5. Jeff Bezos (AS) total kekayaan US$ 45,2 miliar (Rp 604 T)

6. Mark Zuckerberg (AS) total kekayaan US$ 44,6 miliar (Rp 596 T )

7. Larry Ellison (AS) total kekayaan US$ 43,6 miliar (Rp 582,2 T )

8. Michael Bloomberg (AS) total kekayaan US$ 40 miliar (Rp 534,2 T)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index