Pemko Pekanbaru Jemput Bola verifikasi Data Raskin 2013

Pemko Pekanbaru Jemput Bola verifikasi Data Raskin 2013
ilustrasi (int)

PEKANBARU (RA)- Penetapan pagu beras miskin (raskin) Kota Pekanbaru tahun 2013 masih dalam proses verifikasi ulang.

Pasalnya data Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang menerima raskin di Kota Pekanbaru tahun 2012 masih belum valit. Karena masih banyak penerima tidak tepat sasaran.

Demikian hal ini di katakan Kepala Bagian Perekonomian Kota Pekanbaru, Masriah, kepada RiauAktual.com, Selasa (13/11) di ruangan kerjanya.

Kata Mei-Mei panggilan akrabnya, saat ini. Mentri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (menkokesra) beberapa waktu lalu sudah menginfokan terkait verifikasi ulang data raskin di semua Kecamatan dan Kelurahan agar dilakukan oleh Pemko.

"Kalau sebelumnya data verifikasi raskin di sampaikan oleh Kelurahan langsung ke PT. POS, akan tetapi karena tidak efectif maka di ubah. Kini Pemko yang harus jemput bola atas data tersebut dan mengirimkan ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)," ujarnya.

Urai Mei-mei hingga kini baru 11 Kelurahan yang datanya sudah terkumpul, sedangkan sisanya sebanyak 47 Kelurahan lagi belum terkumpul.

"Makanya kita jemput bola agar akhir November ini semua data raskin  Kelurahan sudah kita kirim ke TMP2K," urainya.

Menurutnya, verifikasi data raskin ini hanya mengubah siapa penerima , atau menggantikan. Bukan menambah atau mengurangi jumlah yang ada.

Karena data raskin yang di keluarkan oleh TNP2K berdasarkan survey BPS, dilapangan ditemukan kontra diksi dan data  tidak singkron.

"Ada yang meninggal tetapi masih tercatat mendapat raskin, atau ada yang benar-benar miskin malah tidak berhak menerima. Data ini bisa di ganti oleh dan diubah orangnya. Makanya verifikasi ulang ini di usulkan oleh Kelurahan setelah sebelumnya di bawa ke dalam rapat pedesaan," imbuhnya.

Ia juga menambahkan hasil verifikasi ini harus cepat di kirim  karena untuk penyusunan anggaran raskin tahun 2013.Pemko kini masih menanti keseluruhan data raskin kelurahan terkumpul baru di laporkan ke TNP2K.

"Di kumpul aja dulu baru sekali kirim kalau semua Kelurahan sudah tuntas," imbuhnya.

Sebelumnya Pemerintah melalui TNP2K telah menetapkan  quota penerima raskin tahun  2011 hanya 17.389 RTS . Jumlah ini alami kenaikan menjadi 24 .160 RTS. sehingga mulai Juni hingga Desember penyaluran raskin mengalami penambahan sebesar 6.771 RTS.(RA5)

Berita Lainnya

index