8 Tips Liburan Nyaman dengan Mobil Pribadi

8 Tips Liburan Nyaman dengan Mobil Pribadi
ilustrasi

RAGAM (RA) - Libur akhir tahun kerap dimanfaatkan untuk ke luar kota. Baik itu wisata, maupun sekadar silaturrahmi dengan keluarga.

Perjalanan darat, khususnya mengendarai mobil, memang kerap jadi pilihan utama. Meski macet, momen bersama keluarga bisa jadi hal yang menyenangkan. Tentu ini semua jika dilakukan dengan persiapan matang.

Seperti yang dikutip dari rangkuman yang dimuat VIVA.co.id dari berbagai sumber persiapan apa saja agar perjalanan bersama keluarga bisa lebih menyenangkan. Berikut tipsnya:

1. Jaga kondisi badan Anda, dengan olah raga beberapa hari sebelum berangkat. Jika memang medan terlalu jauh, ada baiknya Anda mencari anggota keluarga yang bisa mengemudi agar bisa giliran menyetir.

2. Periksa kondisi mobil. Tentu, jika mobil Anda keluaran terbaru mungkin masih sedikit masalah dan kerusakan. Tapi sebaliknya, jika mobil Anda sudah agak tua, periksa sebaik mungkin untuk mengurangi potensi mogok atau rusak di jalan.

3. Periksa kondisi tekanan ban dan kedalaman alur ban. Jika sekiranya sudah perlu ganti, ada baiknya Anda mengganti dulu. Tekanan ban yang cukup dan alur ban yang baik akan menghindari keretakan ban karena jalanan yang panas. Jangan mengambil risiko menggunakan ban yang sudah tipis.

Ingat, isilah ban Anda dengan angin sesuai ukuran. Bila tekanannya terlalu kecil, tentu akan membuat boros bahan bakar, namun jika tekanan angin teralu tinggi, angin di dalam ban bisa mengembang dan meledak.

4. Periksa kondisi pada kontrol utama kendaraan, seperti kemudi, pedal rem, pedal gas, dan pedak kopling. Pastikan semuanya dapat berfungsi baik untuk mengurangi kecelakaan fatal.

5. Periksa sistem pendingin mesin (thermostat, engine belt, hoses, cooling fan, dan coolant level) dan periksa sistem pendingin udara (AC) apakah sudah bekerja optimal atau belum.

6. Periksalah radiator, gunakan cairan untuk mendinginkan radiator yang berkualitas baik. Dengan menggunakan cairan yang baik dan benar, dapat mengurangi panas pada radiator. Selain itu, air radiator yang baik, juga dapat mengurangi karat pada radiator sehingga mesin tetap stabil.

7. Jangan membawa barang terlalu banyak, termasuk penumpang, karena dapat menambah beban dan membuat mobil tidak seimbang.

8. Saat di jalan, beristiraha lah jika Anda letih atau mengantuk. Setelah segar, Anda bisa jalan lagi dengan badan yang sudah bugar.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index