Ikan Hias Tak Hanya Hobi tapi Bisa Mendatangkan Rupiah

Ikan Hias Tak Hanya Hobi tapi Bisa Mendatangkan Rupiah
ikan hias

EKONOMI (RA) - Indonesia sudah mulai melakukan ekspor ikan hias ke beberapa negara di dunia. Ekspor ikan hias di Indonesia sudah mencapai nilai USD 65 juta. Tujuan utama ekspor ikan hias Indonesia adalah Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Australia, dan Inggris. Hal ini juga tidak terlepas dari keberadaan lima Negara pengimpor ikan hias dunia, yaitu Singapura (USD 2,3 juta), Jepang (USD 2,2 juta), Amerika Serikat (USD 2 juta), dan Hongkong (USD 2,9 juta).

Potensi pasar ikan hias di Indonesia juga dapat dilihat dari perkembangan komoditi yang cukup pesat dan prospek yang menjanjikan. Pada bulan Oktober 2016, tercatat produksi ikan hias Indonesia mencapai 843,060,990 ekor dengan 600 species dari 1.400 species yang ada di seluruh dunia. Wilayah sentra produksi ikan hias Tanah Air tersebar di 18 Provinsi di seluruh Indonesia, dengan sentra budidaya ikan hias terbesar terdapat di lima provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan D.I. Yogyakarta.

Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman ikan hias dan tanaman hias air. Patut disadari bahwa hal tersebut merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan dalam menggenjot perekonomian Indonesia, baik dalam pasar dalam negeri yang juga dapat mengangkat gairah perekonomian rakyat, maupun luar negeri yang dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai negara pengekspor.

"Potensi tersebut harus dikembangkan dengan serius dan bersama-sama mulai dari pembudidayaan masyarakat kecil hingga perusahaan pembudidaya, para pedagang kecil hingga pengekspor, serta para pecinta yang berkumpul dalam klub-klub dan asosiasi ikan hias," Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land, seperti dikutip dari rimanews.

Hal itu juga terkait acara pameran yang digelar pada 16-18 Desember mendatang di ICE BSD tentang Ikan Hias Nasional. Ajang ini nantinya akan dikemas ke dalam serangkaian acara seperti kompetisi, pameran, serta seminar yang membahas beragam hal terkait perkembangan dunia ikan hias di Indonesia.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index