OJK: Demo 212 Tak Terlalu Pengaruhi Market

OJK: Demo 212 Tak Terlalu Pengaruhi Market
ilustrasi

EKONOMI (RA) - Demo 212 yang dimulai pagi ini di bilangan Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, nampaknya tidak memberikan pergerakan negatif pada pasar saham Indonesia dan pergerakan Rupiah.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida menuturkan, demo 212 belum berdampak pada pasar saham pagi ini. Yang pasti, bursa saham tetap buka normal hari ini.

"Saya terus terang belum melihat dampaknya pagi ini karena memang masih mempersiapkan acara (sustainable finance) tadi. Tetapi sebetulnya semoga, semoga itu sudah diantisipasi dalam artian bahwa masyarakat sudah lebih percaya bahwa demo hari ini memang demo damai sehingga tidak terlalu berpengaruh pada market," ujarnya di sela acara Sustainable Finance Forum, di Westin Hotel, Bali, Jumat (2/12), seperti dikutip dari okezone.com.

Menurut dia, ada beberapa hal yang mempengaruhi market, bukan hanya fundameltal perekonomian tapi isu berkembang seperti demo sangat memberikan efek pada pasar modal. Seperti pada aksi demo 4 November, terjadi penurunan yang cukup signifikan.

"Tetapi setelah itu (demo berakhir) kembali balik. Jadi memang ciri capital market itu seperti itu ada suatu kondisi investor biasanya mencoba mengantisipasi kemudian wait and see kemudian mereka melakukan transaksi-transaksi," ujarnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index