Chromebook Anyar Lebih Ramah di Kantong

Chromebook Anyar Lebih Ramah di Kantong
Laptop Chrombook. int

RiauAktual.com - Bentuknya menyerupai MacBook Air. Namun, ini adalah laptop besutan Samsung dan Google, yakni Chromebook yang ditopang prosesor ARM. Harganya lebih miring dibanding model sebelumnya.

Dijuluki New Samsung Chromebook, laptop ini memakai Samsung Exynos dualcore ARM processor dengan RAM 2GB dan built in storage sebesar 16GB.

Adapun model sebelumnya Series 5 Chromebook yang dibanderol dengan harga USD 450 memiliki RAM 4GB.

Dikutip dari Wired, Jumat (19/10/2012) Google juga memberikan ruang penyimpanan di Google Drive sebesar 100GB secara cuma-cuma untuk 2 tahun. Spesifikasi lainnya adalah full-sized keyboard dan trackpad serta display 11.6 inch dengan resolusi 1366x768.

Ada juga dua port untuk USB dan daya tahan baterainya dilaporkan hingga 6 jam. Bobotnya sendiri sangat ringan yakni 2,5 pound dengan ketebalan hanya 0,8 inch. "Ini adalah laptop terbaik yang didesain dengan harga berikut," ujar Sundar Pichain dari Google Chrome.

Apakah piranti ini akan sanggup mengalahkan laptop lain berbasis Windows atau Mac. Pichain punya jawabannya sendiri.

"Kami memperkirakan Anda memiliki mesin Windows atau mungkin Mac di rumah. Laptop ini bukanlah dibesut untuk menggantikan mesin-mesin tersebut namun alih-alih akan menjadi komputer tambahan," ujar Pichain.

Google akan mulai menjualnya di toko-toko Best Buy di wilayah Amerika Serikat, di Amazon dan juga di Google Play. Lantas berapa harganya. Untuk piranti ini Google membanderolnya di angka USD 249 atau sekitar Rp 2,4 juta (1 USD = Rp 9.650). (RA/dnc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index