LKM non-Bank Berpotensi Kembangkan UMKM Riau

LKM non-Bank Berpotensi Kembangkan UMKM Riau
BI pelatihan Perbankan

RIAU (RA)- Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dianggap berperan penting dalam menopang ekonomi. Selain menyerap pengangguran, UMKM dinilai lebih tahan terhadap krisis ekonomi.

Untuk itu, Kepala Tim Ekonomi Moneter Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Riau, Abdul Madjid, menilai UMKM juga harus didorong bukan cuma oleh perbankan tapi juga oleh Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

"Kalau di perbankan ada hal-hal yang tak bisa diubah karena peraturan hukumnya sudah mengatur, berbeda dengan LKM non-bank yang lebih fleksibel," ujar Abdul Madjid, saat membuka Workshop Wartawan Ekonomi Riau di Bandung Kamis (18/10).

Menurut Madjid, UMKM di Riau masih didera kendala klasik. Yakni minimnya akses permodalan plus akses menembus pasar. Jika kendala ini bisa diatasi, Madjid yakin kinerja UMKM Riau mampu melebihi ekspektasi yang diharapkan.

"Yang sulit itu UMKM yang belum bankable, mereka masih andalkan modal sendiri. Disinilah peran LKM non bank yang kita harapkan mampu membantu modal mereka (UMKM non bankable)," terangnya.

Kalau persoalan modal ini sudah bisa diatasi, membuat UMKM punya daya saing yang lebih baik di pasaran karena bisa mengembangkan usahanya. Ia menambahkan salah satunya upaya yang sudah berhasil dilakukan BI dengan tetap konsisten mengembangkan UMKM adanya Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) hingga kini.

Tidak munafik lembaga yang tidak memiliki daya saing tersebut sudah mampu melingkan dana perbankan sebesar Rp56 Miliyar sejak berdiri tahun 2006.

Dana ini di gunakan bagi 10 sektor industri, pertanian, dan jasa di Seluruh Kabupaten /Kota Di Riau melalui jasa 270 orang KKMB bagi 1.300 an  UMKM di Riau.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index