Dewan Sambut Baik Kemendikbud Anggarkan Dana Penelitian Murid SMA

Dewan Sambut Baik Kemendikbud Anggarkan Dana Penelitian Murid SMA
Ade Hartati Rahmad MPd

PEKANBARU(RA) - Sekretaris Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Ade Hartati Rahmad MPd mengaku sangat mendukung rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menambah item pada penggunanaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk penelitian Murid SMA. Untuk itu, rencana ini diminta harus ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dan disosialisasikan.

"Untuk pelaksanaannya akan diberlakukan tahun 2013. Kita berharap tentu ini kebijakan yang cemerlang dalam upaya peningkatan disiplin ilmu terutama mengenai penelitian tingkat SMA. Kita tentunya sangat mendukung rencana Mendikbud untuk menambahkan item penelitian dalam anggaran BOS bagi SMU, hal ini sangat diperlukan untuk merangsang keahlian anak-anak SMA dalam hal mengembangkan keahlian dalam bidang ilmu tertentu maupun penguasaan teori yang telah mereka dapatkan di bangku sekolah," ungkap Ade ketika dikonfirmasi di gedung DPRD Kota Pekanbaru, Kamis (11/10).

Ditambahkan Ade, penggunaan anggaran tersebut nantinya harus tepat sasaran dan sesuai dengan harapan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mencetak lulusan yang profesional. Dalam hal ini, Dinas Pendidikan harus melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait anggaran penelitian bagi siswa tersebut, agar tujuan dari anggaran itu tidak melenceng.

"Dari rencana Mendikbud, mulai tahun pelajaran 2013-2014 nanti pemerintah memberikan dana BOS SM sebesar Rp1 juta per siswa per tahun. Total anggaran ini untuk periode 2013 sebesar Rp 4,9 triliun. Kita ingin untuk pendidikan di Pekanbaru bisa bergairah lagi dalam pencerdasan dan juga maju pendidikannya," pungkas politisi PAN ini. (rik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index