Tanoto Foundation Kembali Kampanye Sekolah Bersih

Tanoto Foundation Kembali Kampanye Sekolah Bersih
Siswa-siswa menyaksikan pementasan panggung boneka yang mengangkat cerita dengan tema sekolah bersih

RIAU (RA) - Tubuh Sehat, Sekolah Bersih, Prestasi Hebat, Cita-cita mudah Diraih merupakan slogan yang menjadi harapan Tanoto Foundation dalam Program Pelita Sekolah  Sehat dan Ramah Lingkungan (PSRI) agar dapat terimplementasi dengan baik di sekolah-sekolah mitra Tanoto Foundation (TF).

Salah satu cara yang menarik agar slogan tersebut bisa tersampaikan dan diwujudkan adalah melalui kegiatan Kampanye Sekolah Bersih.

Setelah melaksanakan kampanye sekolah bersih di 3 (tiga) area berbeda yaitu di Peranap, Dumai, dan Pelalawan, Tanoto Foundation dan Asian Agri kembali melaksanakan Kampanye Sekolah Bersih di Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu, yang melibatkan berbagai pihak diantaranya UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Puskemas, dan semua sekolah mitra TF. Kampanye sekolah bersih dilaksanakan di SDN 009 Kulim Jaya, hari sabtu 10 September 2016 kemarin.

 

Menurut informasi dari Rahmatinnija, Regional Project Officer untuk wilayah Lubuk Batu Jaya, kegiatan ini diikuti oleh 8 sekolah mitra Tanoto Foundation. Acara kampanye ini sendiri bisa dibilang puncak dari rangkaian kegiatan yang sudah berjalan selama 2 minggu sebelumnya.

Bahkan pada hari rabu (07/09), bapak H. Damsur, S.Pd, M.Si, Camat Lubuk Batu Jaya yang sebelumnya menjabat Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Lubuk Batu Jaya, bersama tim Tanoto Foundation dan Puskesmas melakukan kunjungan ke-8 sekolah tersebut untuk memastikan bahwa sekolah-sekolah tersebut sudah mengimplementasikan program PSRI untuk sekolah bersih.

 

"Pada kesempatan itu, pak H. Damsur, S.Pd, M.Si menyampaikan semoga program ini bisa bermanfaat untuk berbagai pihak serta antara Tanoto Foundation dan kecamatan Lubuk Batu Jaya bisa terus menjalin kerja sama," ujar Rahma.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Lubuk Batu Jaya yang baru, bapak Ispan menyampaikan apresiasinya atas program-program yang telah dilaksanakan oleh TF dimana program tersebut sangat membantu dan mendukung program dinas pendidikan di Indragiri Hulu.

"Beliau berharap program seperti kampanye sekolah bersih maupun Program Pelita Pendidikan secara keseluruhan bisa terus berkelanjutan di Kecamatan Lubuk Batu Jaya ini," ungkap Rahma mengulangi pesan Kepala UPTD.

Senada dengan yang lainnya Puskemas Lubuk Batu Jaya melalui pak Miftahun Najib mengucapkan terima kasih kepada Tanoto Foundation karena sudah terbantu dalam membina sekolah khususnya di bidang kesehatan. Dimana program PSRI ini beririsan langsung dengan program Puskemas.

Sementara pada kesempatan yang sama, Regional Project Manager Tanoto Foundation Riau, bapak Medi Yusva menyampaikan bahwa selama 5 tahun program PSRI berjalan, sekolah-sekolah mitra TF menunjukkan perubahan positif secara signifikan. Beliau juga sangat yakin, sekolah mitra TF di Lubuk Batu Jaya ini tidak akan kalah bersaing dengan sekolah yang ada di luar sana dan dengan adanya kegiatan kampanye seperti ini semoga bisa terus meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga di lingkungan keluarga serta masyarakat.

 

"Sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan salah satu visi bapak Sukanto Tanoto dan ibu Tinah B. Tanoto, founder dari Tanoto Foundation," ucapnya

Hadir juga pada kegiatan kampanye, Pak Faisal yang merupakan Group Manager PT. Inti Indosawit Subur (Asian Agri Kebun Ukui) menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini siswa juga mendapatkan pendidikan karakter untuk terbiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Selain itu, siswa belajar untuk memanfaatkan sampah dan barang-barang bekas yang ada di sekitar lingkungan sekolah mereka. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada semua komunitas sekolah, baik siswa, guru, kepala sekolah, dan tokoh masyarakat karena mau berpartisipasi untuk kegiatan kampanye sekolah bersih ini.

Mewakili pihak sekolah, bapak Sutrisno, Kepala SDN 009 Kulim Jaya yang menjadi tuan rumah kampanye sekolah bersih ini berujar Kami dari pihak sekolah sangat senang ada kegiatan seperti ini.

"Kami menjadi semakin terpacu untuk melakukan perbaikan-perbaikan di sekolah dan kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan menjadi agenda rutin tahunan di Kecamatan Lubuk Batu Jaya ini," tuturnya.

Beliau juga menuturkan dengan adanya berbagai lomba seperti kreasi barang bekas, panggung boneka, membuat poster, serta membuat diorama, siswa-siswi sangat senang karena memiliki kesempatan untuk menunjukkan bakat dan kreatifitas mereka. (rls)

Berita Lainnya

index