Kunker ke Kejari Siak

Kajati Riau Sambangi Istana Siak

Kajati Riau Sambangi Istana Siak
Kajati Riau saat mengunjungi Istana Kerajaan Siak

SIAK (RA) - Rombongan Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau melakukan Kunjungan Kerjanya ke kantor Kejaksaan Negeri Siak, Selasa (6/9) kemarin. Setelah itu, rombongan menyempatkan untuk mengunjungi Istana Kerajaan Siak Aserrayah Al Hasyimiah.

Dalam kesempatan tersebut disambut langsung Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Hendrisan.

Dalam kunkernya tersebut, Kepala kejaksaan Tinggi Negri Riau, Uung Abdul Syakur SH MH mengungkapkan kekagumannya terhadap peninggalan Kerajaan Siak. Hal ini tampak dari raut wajahnya ketika bertanya kepada Zanudin (petugas istana siak).

Kajati juga secara langsung mendengarkan musik klasik yang diputarkan oleh petugas Istana dari alat musik 'Komet' yang merupakan alat musik tertua di dunia dan hanya ada 2 di dunia, yaitu di Negara Jerman dan Siak.

Di dalam alat musik tersebut tertulis sebuah penjelasan. Komet sejenis musik gramopon, piringnya terbuat dari baja yang terdiri dari musik-musik instrumen klasik Jerman abad VIII ciptaan komponis terkenal Beethoven, Mozart, dan Strauss yang dibawa oleh Sultan Siak XI tahun 1896 dari lawatannya ke Eropa.

Bupati Siak H Syamsuar dikesempatan itu memaparkan tentang sejarah berdirinya Kerajaan Siak serta peninggalan situs Kerajaan Siak lainnya. Yang mana hingga saat ini masih ada di siak dan masih bisa dilihat dan dikunjungi.

Diahkir kunjungannya, Kajati Riau menyempatkan diri untuk foto bersama Bupati Siak dan para rombongan. Juga dilakukan penyerahan Cendera Mata dari Bupati Siak H Syamsuar Kepada Kepala kejaksaan Tinggi Negri Riau Uung Abdul Syakur SH MH sebagai tanda kenang kenangan dari Pemerintah Kabupaten Siak. (hms)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index