Hadapi Pilkada Pekanbaru PPP dan NasDem Dikabarkan Lakukan Koalisi

Hadapi Pilkada Pekanbaru PPP dan NasDem Dikabarkan Lakukan Koalisi
PPP dan NasDem

PEKANBARU (RA) - Suasana pilkada Pekanbaru tampaknya mulai berwarna, saat ini masing-masing partai sudah bersiap menyusun kekuatan untuk menjadi pemenang di pertarungan perebutan orang nomor satu (Walikota) dan dua (Wakil Walikota) di Ibu Kota Provinsi Riau.

Seperti kabar yang mengejutkan pada hari ini, Senin (8/8) datang dari DPC PPP Kota Pekanbaru dan DPD NasDem Pekanbaru, yang menyatakan akan berkoalisi. Namun Koalisi dua partai ini sebatas tingkat kota dan tingkat provinsi.

Bahkan dikabarkan kedua pimpinan partai menyatakan, sudah sepakat untuk bergandeng. Hanya saja, belum ditentukan siapa yang duduk sebagai walikota dan Wakil Walikota.

Ketua DPC PPP Kota Pekanbaru Said Usman Abdullah, ketika dikonfirmasi tidak menampik hal tersebut, bahkan kata Anggota DPRD Pekanbaru tiga periode ini pembicaraan sudah 90 persen.

"Pembicaraan ini klop di tingkat kota dan provinsi. Jadi tinggal menunggu rekomendasi pusat saja," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD NasDem Pekanbaru Zulfan Hafiz ST juga menyatakan hal yang sama. "Memang kita sudah adakan pembicaraan. Kita akan komunikasi terus," ungkapnya.

Seperti diketahui, koalisi PPP dan NasDem Kota Pekanbaru memang belum memenuhi persyaratan maju Pilwako. PPP sendiri memiliki 4 kursi di DPRD Pekanbaru, sedangkan NasDem mempunyai 3 kursi. Sehingga baru mengumpulkan 7 kursi. Sementara syarat maju harus memiliki 9 kursi.

Artinya, belum cukup untuk syarat maju. Apa langkah selanjutnya? Said Usman menyatakan, komitmen PPP dan NasDem berkoalisi memang memenuhi kursi untuk maju. Karenanya, mereka tetap akan mencari satu partai lagi untuk dipinang.

"Kita sudah lakukan komunikasi dengan beberapa partai, yakni PKB, Hanura, Gerindra dan PDI-P. Tinggal finishing saja," kata Said seraya mengatakan, untuk urusan rekomendasi DPP PPP akan diurusnya, begitu juga dengan rekomendasi DPP NasDem, akan diurus Zulfan Hafiz.

Sejauh ini, DPC PPP Pekanbaru sudah bulat mengusung Said Usman Abdullah maju di Pilwako. Sementara DPD NasDem Pekanbaru sudah resmi mengusung Zulfan Hafiz.

Kapan kepastian pencalonan koalisi ini ditetapkan? Said menegaskan, kepastian mereka mendapat dukungan penuh paling lama akhir Agustus ini.

"PPP dan NasDem punya kedekatan tinggi. Tentunya kami ingin beri warna, apalagi masih muda-muda. Tujuan kami, ingin memberikan perubahan untuk pembangunan Kota Pekanbaru ini," pungkasnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index