Hatta: Sosok AM Fatwa Pencatat Sejarah Indonesia Terfasih

Hatta: Sosok AM Fatwa Pencatat Sejarah Indonesia Terfasih
Hatta Rajasa

JAKARTA (RA) - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan penghargaan atas apa yang dilakukan AM Fatwa, tokoh yang disebutnya sebagai kamus berjalan. Sebab, AM Fatwa dinilai Hatta begitu fasih mengungkapkan perjalanan sejarah dari waktu ke waktu.

"Saya ingin sedikit melihat dan menyampaikan sosok AM Fatwa. Beliau tokoh yang saya kenal kokoh berprinsip. Banyak peristiwa penting menyangkut prinsip beliau tidak mundur satu langkah pun. Beliau sosok langka," tandas Hatta saat berpidato dalam peresmian Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan (Stebank) Islam Mr Syafruddin Prawiranegara, di daerah Senen, Jakarta Pusat, Minggu (30/9/2012).

Ketua Umum DPP PAN itu menilai AM Fatwa tidak pernah mengenal kata lelah dalam upaya memajukan kehidupan bangsa. Hal itu diketahuinya secara langsung, karena dalam beberapa kesempatan AM Fatwa kerap berdiskusi mengenai berbagai hal di rumahnya. Diskusi bukan sekadar diskusi, karena yang dibahas merupakan permasalahan bangsa, dan itu berlangsung hingga pagi hari.

AM Fatwa yang dikenalnya juga sangat produktif dalam mencatat sejarah demi sejarah yang terjadi di Indonesia. Saking fasihnya menyampaikan berbagai permasalahan, Hatta menyebut AM Fatwa sebagai kamus berjalan.

"AM Fatwa menjadi referensi bagi kita semua, karena tulisannya yang produktif tersebut, tempat bagi kita semua untuk mencari rujukan dalam perjalanan sejarah bangsa yang kadang-lupa lupa dituliskan. Kamus hidup yang berjalan," jelas Hatta.

Hal lain yang tidak pernah dilupakan, lanjut Hatta, yakni gigihnya AM Fatwa dalam memperjuangkan tokoh M Natsir dan Syafruddin Prawiranegara sebagai pahlawan nasional. Perjuangan yang akhirnya membuahkan hasil, karena pemerintah akhirnya melegalisasi kepahlawanan Natsir dan Syafruddin. (ilc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index