Terkait Harga Sembako Jelang Idul Fitri 1437 H

DPRD Minta Pemkab Bengkalis Tanggap

DPRD Minta Pemkab Bengkalis Tanggap
ilustrasi

SUNGAIPAKNING (RA) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) dihimbau mengantisipasi terjadinya gejolak kenaikan harga kebutuhan pokok selama bulan Suci Ramadhan dan jelang Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah.

Demikian disampaikan Anggota DPRD Bengkalis Dapil Bukit Batu - Siak Kecil Fahrul Nizam Kepada sejumlah wartawan, Minggu (19/7/2016). Dikatakan Fahrul kenaikan harga-harga kebutuhan pokok jelang bulan Ramadhan dan lebaran, merupakan problematika tahunan, sehingga sulit dihindari.

Namun menurut menurutnya, kenaikan harga harga kebutuhan pokok, bisa saja ditekan asalkan pemerintah lebih awal sudah mengantisipasi dengan menambah ketersediaan barang dipasaran, memastikan tidak terjadi penimbunan barang, bahkan menggelar operasi pasar secara rutin.

“Kenaikan harga signifikan sejumlah kebutuhan pokok pada moment-moment tertentu seperti ramadhan dan lebaran, sudah merupakan hukum pasar, akibat banyaknya permintaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, sementara, persediaan barang tidak mencukupi,” ujar Fahrul di Sungai Pakning.

Karena itu, Fahrul menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya gejolak kenaikan harga kebutuhan masyarakat jelang Ramadhan dan idul fitri, kedepan, Pemkab Bengkalis semestinya sudah memiliki perhitungan matang, sehingga tidak lagi menimbulkan keresahan, terutama masyarakat miskin.

Operasi pasar yang digelar pemerintah untuk menekan kenaikan harga, juga merupakan salah satu solusi memenuhi kelangkaan barang, namun efektifitas kegiatan itu, dapat dilakukan jauh hari sebelum ramadhan maupun lebaran. (PUT)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index