Campurkan Teh dan Susu adalah Salah

Campurkan Teh dan Susu adalah Salah
illustrasi (int)

RiauAktual.com - Teh dan kopi dalam beberapa kesempatan memang kerap disandingkan dengan susu segar. Perpaduan susu dalam minum ini memang menjadikannya lebih nikmat dan lezat. Apalagi jika ditambahkan dalam es batu.

Tapi, kenikmatan ini ternyata tak sejalan dengan penelitian kesehatan. Dalam The European Heart Journal, para ilmuwan menemukan bahwa teh yang dicampur dengan susu menyebabkan khasiat teh menghilang.

Padahal, teh adalah salah satu minuman yang populer dengan kandungan antioksidannya. Bahkan, minuman ini juga banyak dijadikan sebagai minuman herbal di China.

Melansir New York Times, penelitian telah dilakukan pada 16 orang dewasa sehat. Mereka diminta meminum secangkir teh hitam dan teh dengan susu tanpa lemak. Selanjutnya, fungsi vaskular diukur.

Saat dibandingkan dengan air, teh hitam secara signifikan meningkatkan fungsi arteri. Tapi, penambahan susu malah menghilangkan khasiat tersebut.

Ketika dilakukan uji coba dengan hewan percobaan, ternyata hasil yang ditunjukkan pun sama. Menurut para ahli, protein dalam susu akan menetralisasi antioksidan dalam teh.

Hal ini tak hanya terjadi pada susu sapi, tapi juga susu kedelai. Protein dalam kedelai juga memiliki kemampuan yang sama, yaitu menetralisasi antioksidan. (RA/vnc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index