Peringatan Hardiknas di Kabupaten Siak

Tari Persembahan Dilaksanakan Secara Kolosal

Tari Persembahan Dilaksanakan Secara Kolosal
Penari Tari Persembahan foto bersama dengan Bupati Siak Drs H Syamsuar dan unsur Forkopinda.

RIAUAKTUAL.COM -  Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, Pemkab Siak akan memberikan suguhan acara yang spektakuler di Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016. Sebanyak 2.500 pelajar dari tingkat TK sampai SMA dikerahkan untuk mengikuti tari persembahan. Tak tanggung-tanggung, tari yang melibatkan banyak orang ini masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sang pencipta tari persembahan tersebut, H OK Nizami Jamil kepada Rakyat Riau, Senin (2/5) mengaku bangga dan terharu atas penampilan 2.500 penari yang secara kolosal menarikan tari persembahan.

"Sebagai orang Siak sudah barang tentu kita merasa bangga atas apa  yang telah ditunjukkan anak-anak," ucap OK.

Dia juga menceritakan perjalanan tari persembahan yang diciptakannya pada Tahun 1957 lalu. Katanya, tari persembahan hanya dikhususkan untuk menyambut para tamu dan dilaksanakan pada hari-hari tertentu saja.

"Kita tentu berharap apa yang ditampilkan ribuan penari ini menjadi bagian dari upaya kita untuk terus melestarikan adat dan budaya Melayu yang dimiliki Kabupaten Siak," katanya.

Pada kesempatan itu juga OK Nizami Jamil mengatakan, dengan telah berhasilnya menempatkan ribuan pelajar untuk menarikan Tari Persembahan, membukti bahwa pendidikan di negeri ini sudah cukup berhasil.

"Sekencang apapun badai yang menerpa seiring dengan bermunculannya kecanggihan sarana komunikasi saat ini, adat dan budaya yang kita miliki jangan sampai hilang. Justru sebaliknya, harus terus kita tunjukan dimata dunia bahwa adat dan Budaya orang Melayu tak tergerus jaman," harap OK.Nizami Jamil.

 

Laporan : JAS

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index