Awasi Stabilitas Harga Jelang Ramadhan

Awasi Stabilitas Harga Jelang Ramadhan
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Menjelang memasuki bulan suci Ramadhan, harga barang kebutuhan pokok di pasaran dipastikan akan melambung akibat tingginya permintaan. Oleh karena itu DPRD Pekanbaru meminta agar Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan pengawasan untuk tetap menjaga stabilitas harga.

"Seperti biasanya sudah mnjadi hal yang tak lazim kebutuhan pokok bakal alami lonjakan jika memasuki hari-hari besar keagamaan, ini harus diawasi oleh Dinas Perdagangan dan Dinas Perhubungan Pemko Pekanbaru dengan melakukan monitoring pasar," ujar Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sondia Warman SH, Kamis (21/4/2016).

Menurut politisi PAN ini, Dinas terkait harus melakukan pengawasan terhadap ketersediaan stok dan harga hingga awal Ramadhan serta sistem distribusi sembako tersebut.

"Jika melihat pola permintaan pada tahun-tahun sebelumnya, yang perlu diawasi adalah stok barang dan memantau alur distribusi atau mata rantai pemasok untuk mencegah adanya penimbunan barang,” tuturnya.

Naiknya permintaan menjelang Ramadhan kerap menimbulkan kerisauan pada masyarakat akan menyebabkan terjadinya kelangkaan barang karena ada pihak yang menimbun kebutuhan pokok. Operasi pasar yang dilakukakan pemprov dinilai cukup efektif untuk mencegah terjadinya penimbunan.

"Operasi pasar biasanya cukup efektif tetapi hal itu harus dilakukan secara berkala, karena hal itu akan membuat harga tetap stabil," ucapnya.

Selain meminta Pemko Pekanbaru untuk melakukan operasi pasar, Sondi juga mengimbau kepada para pedagang dan masyarakat untuk tidak menimbun sembako.

“Khusus bagi para pedagang, diharap tidak melakukan penimbunan barang bahan makanan pokok, jika didapati menimbun barang, maka melalui Dinas Perdagangan dapat menindak tegas para penimbun barang, agar menimbulkan efek jera," tandasnya.


Laporan : DWI

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index