Pulau Muda Terima Dana Desa Paling Besar

Pulau Muda Terima Dana Desa Paling Besar
ilustrasi

PANGKALANKERINCI (RA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan mengucurkan Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 149 miliar ke 104 desa di Pelalawan. Desa Pulau Muda paling banyak menerima ADD mencapai Rp1,2 miliar.

Demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Drs Zamhur Das. Menurutnya, tahun 2016 ini, Pelalawan ADD dari Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebesar Rp83,7 miliar.

"ADD untuk mempercepat pembangunan yang ada di setiap desa di Indonesia. Bantuan ini merupakan tahun kedua untuk 104 desa. Tahun 2015 lalu, kita juga telah menerima dan menyalurkan ADD ini sebesar Rp29,631 miliar," ujar Zamhur.

Disebutkan, desa yang paling besar mendapatkan ADD yakni Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti sebesar Rp1,2 miliar. Sedangkan paling kecil Desa Keriung, Kecamatan Bunut sebesar Rp560 juta.

Dijelaskan, penyaluran dana dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama dan tahap II 40 persen dari total anggaran yang diterima Pemkab Pelalawan. Tahap ketiga 20 persen.

Zamhur menjelaskan, dana desa tersebut dikucurkan untuk menguatkan integrasi sosial dalam pelaksanaan pembangunan desa. Khususnya pembangunan infrastruktur desa, sehingga dapat menggerakkan ekonomi desa.
Dengan bergeraknya ekonomi (desa), maka ekonomi daerah juga akan turut berkembang, yang selanjutnya akan berkontribusi pula terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index