Pemkab Berhasil Bangun 13 Pasar Selama Dua Tahun Anggaran

Pemkab Berhasil Bangun 13 Pasar Selama Dua Tahun Anggaran
ilustrasi

TEMBILAHAN (RA) - Melalui program Desa Maju Inhil Jaya tahun anggaran 2014-2015, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) telah membangun  13 unit pasar di sejumlah desa di wilayah Inhil. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah (Setda) Inhil, Nursal kepada awak media, belum lama ini.

"Delapan unit pasar desa yang dibangun pada 2014 itu memiliki luas sekitar 912 meter persegi, sedangkan untuk 2015 seluas 320 meter persegi," tutur Nursal.

Dijelaskan Nursal, pasar desa yang dibangun tersebut adalah pasar tradisional yang berkedudukan di desa dan dikelola serta dikembangkan oleh pemerintah desa bersama dengan masyarakat setempat.

"Pasar desa juga merupakan institusi ekonomi yang mempunyai peran penting sebagai penggerak roda ekonomi perdesaan baik pada sektor perdagangan, industri maupun jasa," terangnya.

Selain itu, lanjut Nursal, pasar desa juga sangat kuat dalam mempertahankan budaya lokal seperti budaya gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan.

"Pertemuan antara penjual dan pembeli, tidak hanya untuk transaksi ekonomi, tetapi sekaligus menjadi media interaksi sosial. Kemudian pasar desa juga dapat sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Pemerintah Desa (PADes), pasar desa bisa menjadi pundi-pundi dana desa yang berasal dari retrebusi para pedagang dan penjual jasa yang beraktivitas didalam dan sekitar pasar desa," imbuhnya.

Laporan : SUF

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index