Ade Hartati: Wajar 12 Tahun jangan Hanya Wacana

Ade Hartati: Wajar 12 Tahun jangan Hanya Wacana
Ade Hartati

PEKANBARU (RA) - Sekretaris Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Ade Hartati mengatakan, wacana Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk menerapkan Wajib Belajar (Wajar) 12 tahun harus bisa direalisasikan dengan cara mempersiapkan perangkat dan sistemnya sehingga wacana yang baik tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Sebab, wacana Pemko Pekanbaru untuk memberlakukan Wajar 12 tahun merupakan kebijakan yang baik untuk memperbaiki sumberdaya manusia yang ada di Kota Pekanbaru dari segi pendidikan. Sehingga tak ada lagi masyarakat yang hanya bersekolah hingga jenjang SMP seperti yang kebanyakan dialami masyarakat pelajar di Kota Pekanbaru.

"Kita pernah dengan wacana itu dan kita sangat mendukung dengan baik, tapi kita minta jangan hanya sekedar wacana saja, harus dipersiapkan perangkat dan sistemnya sehingga dapat terealisasi dengan tepat," ungkap Ade ketika dikonfirmasi di gedung DPRD Kota Pekanbaru, Kamis (30/8).

Sebagaimana kebijakan dari Pemerintah Pusat, bahwa saat ini pendidikan lebih diprioritaskan. Hal itu bertujuan untuk memajukan bangsa melalui pendidikan sehingga Pemko Pekanbaru sendiri juga ambil andil dengan mewacanakan untuk Wajar 12 tahun di Pekanbaru setelah sebelumnya diterapkan Wajar sembilan tahun.

"Di daerah lain memang pendidikan juga sudah muali diprioritaskan, seperti di Balik Papan saja, saat ini mereka bebas biaya pendidikan baik SD, SMP, hingga ke SMA. Apakah hal serupa ini bisa juga diterapkan di Kota Pekanbaru yang saat ini juga semakin berkembang," tuturnya.

Ade juga menghimbau, pihak sekolah agar dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar di sekolah. Skala belajar siswa di sekolah lebih ditingkatkan porsinya sehingga pelajar lebih banyak menyerap ilmu selama ada di sekolahnya.

"Seperti saat ini, anak-anak sudah mulai masuk belajar lagi usai libur Idul Fitri. Kita harapkan pihak sekolah menggunakan waktu dengan baik untuk belajar. Jangan sampai ada yang menambah libur dan memangkas waktu belajar karena masih dalam suasana lebaran. Sebab, liburan kemarin itu saya rasa sudah cukup lama dan panjang," imbuhnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index