Rozie: Evaluasi Kadiskes, Itu Kewenangan Wali Kota

Rozie: Evaluasi Kadiskes, Itu Kewenangan Wali Kota
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kota Pekanbaru, Azharizman Rozie.

PEKANBARU (RA) - Terkait dengan mundurnya delapan kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) beberapa waktu lalu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru telah menindaklanjuti rekomendasi terhadap kasus tersebut.

Kepala BKD Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie, mengatakan bahwa rekomendasi terhadap kasus pengunduran diri delapan Kepala Puskesmas sudah dilakukan. Namun, untuk evaluasi terhadap Kepala Dinas Kesehatan bukan berada dipihaknya.

"Untuk evaluasi Kadiskes bukan kewenangan BKD, namun itu dari pak Wali Kota. Tetapi untuk rekomendasi tetap ada," ujar Rozie.

Menurut Rozie, ada beberapa rekomendasi BKD yang sudah ditindaklanjuti. Dimana pihaknya sudah melakukan evaluasi menyeluruh terkait seleksi jabatan Kepala pusat Puskesmas. Dimana pihaknya sudah melakukan ujian tinggi pratama.

"Ini kan hanya ujian psikotes saja, bahwa dia ini nantinya cocok untuk menjadi kepala puskesmas atau tidak. Kenapa? Berdasarkan evaluasi kinerja yang berasal dari luar, kinerja mereka sudah bagus, namunkurang ramah. Makanya kita cari yang ramah," sambungnya.

Sedangkan rekomendasi selanjutnya, kata Rozie, pihaknya sudah mengabulkan permintaan delapan kepala puskesmas yang mundur dari jabatannya. Dan pihak BKD sendiri sudah mengabulkan apa yang telah diminta kepala puskesmas yang mengundurkan diri.

"Yang jelas semua yang menjadi tugas BKD sudah dilakukan, sedangkan evaluasi Kadiskes itu merupakan hak prerogatif dari wali kota. Saya sendiri tahu namun tidak mau mengungkapkan. Ibarat kata wali kota, kita boleh terbuka tapi bukan berarti harus telanjang. Jadi kita tunggulah apa rekom pak wali kota," terang Rozie.

Sebagai mana diberitakan sebelumnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru beberapa waktu yang lalu telah menunjuk delapan Plt Kepala Puskesmas yang mengundurkan diri.

Laporan : YAN

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index