AirNav perkenalkan teknologi keselamatan penerbangan

Jumat, 17 Maret 2017 | 01:22:48 WIB
ilustrasi

Riauaktual.com - AirNav Indonesia memperkenalkan teknologi keselamatan penerbangan terbaru  sebagai salah satu alat navigasi yang digunakan di dunia penerbangan internasional yang diberi nama ADS-B (Automatic Dependent Surveillance -Broadcast).

"Saat ini Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki ADS-B ground station terbanyak di Asia/Pasifik, dan akan mensupply data surveillance ke Jakarta ACC sebanyak 9 ADS-B dan Ujung Pandang ACC sebanyak 21 ADS-B," kata Direktur Operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono, seperti dikutip dari airnavindonesia.com, hari ini.

ADS-B adalah salah satu alat bantu navigasi yang menggunakan teknologi satelit untuk pengawasan posisi pesawat selama melakukan pergerakan dan secara berkala memberikan siaran informasi kepada alat navigasi di pesawat, pilot, dan ATC. Informasi yang diterima oleh Pilot dan ATC ini sebagai pengganti radar sekunder dan memberikan kesadaran situasional serta memungkinkan untuk mendapatkan data setiap saat.

Adapun tujuan penggunaan ADS-B ini adalah peningkatan pelayanan yang berdampak positif terutama kepada pengguna jasa dan sekaligus Perum LPPNPI.

"Bagi Perum LPPNPI, pemasangan ADS-B ini merupakan bentuk solusi yang tepat, efektif dan efisien dalam rangka melaksanakan program peningkatan kapasitas ruang udara dari non surveillance service dengan kapasitas yang sedikit menjadi surveillance services dengan kapasitas yang lebih banyak," pungkas Wisnu Darjono.   
 

Terkini

Terpopuler