Lebih Banyak Kanal Bloking, Lebih Baik

Lebih Banyak Kanal Bloking, Lebih Baik
Camat Bangko H Julianda S Sos, Pihak Polsek Bangko, Danramil Bangko bersama anggota, Lurah Bagan Punak, dan masyarakat melakukan pembuatan Kanal Bloki

BAGANSIAPIAPI (RA) - Salah satu upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). Camat Bangko H Julianda S Sos, Pihak Polsek Bangko, Danramil Bangko bersama anggota, Lurah Bagan Punak, dan masyarakat melakukan pembuatan Kanal Bloking di Jalan Seia Ujung, Kelurahan Bagan Punak, Kecamatan Bangko, akhir pekan kemarin.
 
Waka Polsek Bangko AKP Dodi menjelaskan, bahwa pembuatan Kanal Bloking merupakan kanal bloking yang ke 16 buahnya yang dibuat di Kecamatan Bangko dan Pekaitan akan dapa dirasakan.

"Kami sangat senang sekali masyarakat setempat terlihat sangat antusias membantupembuatan kanal bloking. Kanal Bloking sangat baik kita buat, guna penanggulangan sekaligus meminimalisir terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karlahut),''ungkap Dodi.

Menurutnya, jika tidak dibuat kanal bloking takutkan terjadi seperti tahun lalu, sebab juka mau madamkan api sumber air susah di dapat. Kanal Bloking di buat terhusus di daerah lahan yang rawan khususnya lahan gambut. Programnya ini disetiap desa bakal harus mempunyai kanal bloking, terutama ditempat yang rawan minimal dua atau tiga kanal harus dibuat.

Jumlah kanal yang di targetkan terang Dodi, tidak bisa di pastikan. "Kita lihat terus perkembanganya, kita berpedoman kepada Babinkantibmas dan permintaan masyaarakat dimana tempatnya  kami siap buat kanal bloking. Lebih banyak Kanal Bloking, Lebih baik,''kata Dodi.

Camat Bangko H Julianda S.Sos saat bersamaan juga menambahkan,"Kita pihak pemerintah kecamatan Bangko mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolsek Bangko berserta anggota, Danramil Bangko, Kapolpos Bagan Punak sebagai lider yang menaja kegiatan ini,"kata Camat.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut, dari aksi siaga darurat bencana akibat asap. Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada lapisan masyarakat, lurah bagan punak, Polsek Bangko beserta jajaranya. "Mudah-mudahan ini, bisa menjadi contoh bagi kepenghuluan yang lain,''katanya.

Sementara, Lurah Bagan Punak Sukri SP menambahkan, bahwa ia mengucapkan terima kasih dan mendukung kegiatan pembuatan kanal bloking atau skat kanal yang telah dilakukan secara bersama pihak polsek bangko, Camat Bangko, danramil, babinsa dan masyarakat. "Semoga upaya yang dilakukan dapat mencegah karlahut di wilayah kelurahan Bagan Punak," tambahnya. (humas)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index