Lima Tahun Hilang, Warga Bengkulu Ini Menangis Haru Bertemu Anaknya Dirawat di RSJ Tampan Riau

Lima Tahun Hilang, Warga Bengkulu Ini Menangis Haru Bertemu Anaknya Dirawat di RSJ Tampan Riau
Supriyanto (kanan) akhirnya bisa bertemua dengan sang ayah Sadikun usai 5 tahun berpisah

Riauaktual.com -  Lima tahun terpisah tanpa ada kabar, warga Provinsi Bengkulu akhirnya bisa menemukan anaknya yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Provinsi Riau, Kota Pekanbaru, Senin (24/6/2024).

Kisah ini dialami Sadikun (59), warga Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Tangis haru pun tidak tertahan ketika ia melihat dan bertemu langsung dengan anak sulungnya, Supriyanto yang sudah lima tahun hilang dan tidak tau kemana.

"Sudah limo tahun saya tak bertemu dengan anak saya ni, dio hilang bejalan bae (sudah 5 tahun saya tidak bertemu dengan anak saya ini, dia hilang berjalan saja)," ucap Sadikun dengan air mata menggenang di ruang Rawat Kuantan, RSJ Tampan Riau tempatnya selama ini dirawat.

Sadikun mengaku sudah mencari anaknya kemana-kemana dan tidak menemukan titik terang. Bahkan banyak orang yang bilang jiak anaknya sudah meninggal, namun Sadikun dan keluarga tetap mencari Supriyanto karena berkeyakinan anaknya masih hidup.

“Saya bersyukur luar biasa anak saya ternyata masih hidup, dan selama ini dirawat oleh pihak Rumah Sakit Jiwa Tampan dengan baik. Saya dapat informasi keberadaan anak saya dari Kepala Desa Sendawar, Kecamatan Semidang Alas Maras jika anak saya dirawat di sini," ungkapnya sambil menangis.

Mendengar informasi itu, Sadikun pun menjual kambing enam ekor agar bisa menjemput buah hatinya yang sudah lama meninggalkan rumah.

"Jadi saya jual kambing enam ekor untuk biaya ke sini. Kemudian saya rental mobil beserta supirnya, saya datang didampingi anak yang nomor dua beserta seorang cucu saya. Kami bawa langsung anak kami ke Bengkulu berkumpul kembali dengan keluarga," kata Sadikun haru.

Disaat yang sama PIC Tim Percepatan Pemulangan Pasien Rawat Inap RSJ Tampan, Ns Herlambang SKep menjelaskan, jika Supriyanto yang selama ini dikenal dengan nama Ranto sudah lima tahun dirawat di RSJ Tampan Riaum

"Atas kerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Riau, setelah rawat kita titipkan di Panti Sosial Bina Laras, dan sebulan ini dirawat kembali di RSJ Tampan. Melihat perkembangan Ranto yang baik dan dapat diajak berkomunikasi dengan lancar, kami pun melakukan asessmen ulang pasien ini. Kami tanya lagi identitasnya, daerah asal, tempat tinggal dan nama kedua orang tuanya," katanya.

"Alhamdulillah dia (Ranto) menjawab dengan baik. Hasil asesmen inilah kemudian kami telusuri  berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan. Kebetulan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan memiliki Group WhatsApp seluruh Indonesia sebagai media komunikasi, dan kami share info tentang Suprianto alias Ranto ini di group tersebut," terangnya.

“Ternyata ini membuahkan hasil, dari share informasi ini diketahuilah tempat tinggal dan nama kedua orang tua pasien. Kemudian kepala desa tempat tinggalnya menginfokan kepada keluarga. Kita identifikasi keluarga pasien melalui foto kedua orang tuanya, dan benar pasien mengatakan ini merupakan keluarganya," tambahnya.

Sementara itu, Plt Direktur RSJ Tampan Provinsi Riau, Zulkifli SKep MH menambahkan, jika pihaknya membentuk Tim Percepatan Pemulangan Pasien Rawat Inap, yang bertujuan mengidentifikasi pasien-pasien terlantar yang dirawat di RSJ Tampan.

"Alhamdulillah, hari ini kita pertemukan kembali pasien antar nama Supriyanto dengan keluarganya. Disamping itu kita juga harus tetap menjaga nilai Parameter Bed Occupation Rate (BOR) tetap ideal untuk meningkatkan kualitas pelayanan RSJ Tampan Riau," tutupnya. 

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index